Harga Batu Andesit

Berapa harga batu andesit terbaru di tahun ini ? Jika dibandingkan dengan jenis batu alam lainnya, batu andesit adalah jenis batu paling keras. Itu berarti bebatuan alami ini memiliki pori-pori yang sangat kecil dan sedikit.

Jika dilihat dari segi warna, batu andesit hanya memiliki dua warna saja, yakni abu-abu dan hitam, tetapi motifnya cukup beragam. Adapun motif paling populer adalah model bakar, alur, dan abstrak.

Keunggulan dari penggunaan batu andesit dibanding batu alam lain adalah sangat tahan cuaca, lumut, dan jamur.

Harga Batu Andesit Terbaru

Harga Batu Andesit

Seperti yang sudah kami singgung di atas, batu andesit memiliki tingkat ketahanan yang sangat bagus. Oleh karenanya Anda tidak perlu terlalu sering memberikan lapisan pencegah lumut atau jamur.

Tidak heran kalau batu andesit lebih populer dari batu alam lainnya, khususnya untuk material pembangunan rumah.

Batu andesit yang diaplikasikan pada dinding rumah lebih cocok untuk area luar ruangan, terutama yang paling sering terkena paparan sinar matahari dan air hujan.

Batu andesit bahkan menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin menciptakan statement wall yang lebih berkarakter, atau ingin menonjolkan identitas lebih pada hunianmu.

Biasanya batu andesit diaplikasikan pada area pagar, garasi, dan carport, seperti desain carport minimalis modern. Tetapi dikarenakan memiliki permukaan yang kasar, tidak jarang pula batuan alam ini juga diaplikasikan pada area kamar mandi.

Jenis finishing dari dinding batu andesit bahkan bisa disesuaikan dengan gaya desain yang Anda inginkan, mulai dari flammed finishing dengan tekstur kasar dan permukaan doved, atau pun polished finishing dengan tekstur lebih licin dan permukana glossy.

Kembali ke pokok pembahasan di awal, berikut adalah perkiraan harga batu ini yang perlu Anda tahu.

Batu Andesit Bintik Bakar

Ukuran Harga
15 x 30 cmRp 90.000,00
30 x 30 cmRp 100.000,00
40 x 40 cmRp 120.000,00
40 x 60 cmRp 135.000,00
60 x 60 cmRp 190.000,00

Batu Andesit Polos Bakar

UkuranHarga
15 x 30 cmRp 80.300,00
20 x 40 cmRp 90.000,00
30 x 30 cmRp 95.700,00
30 x 60 cmRp 99.000,00
40 x 40 cmRp 105.000,00
40 x 60 cmRp 120.000,00
50 x 50 cmRp 145.000,00
60 x 60 cmRp 175.000,00

Batu Andesit Susun Sirih

UkuranHarga
3 x 30 cmRp 70.000,00
3 x 40 cmRp 80.000,00
5 x 30 cmRp 66.000,00
5 x 40 cmRp 75.300,00

Manfaat Penggunaan Batu Andesit

Setelah mengetahui harga batu andesit, ternyata batu jenis ini memiliki banyak manfaat juga loh. Beberapa manfaat batu andesit untuk beberapa penggunaannya adalah sebagai berikut.

1. Sebagai Sektor Konstruksi

Jika berbicara mengenai manfaat penggunaannya, batu andesit ini banyak digunakan untuk material pembangunan infrastruktur, seperti jalan raya, landasan terbang, jembatan, irigasi, pelabuhan, rumah, dan gedung-gedung lainnya.

Jenis batu andesit yang digunakan untuk kebutuhan infrastruktur biasanya berbentuk agregat dari pertambangan.

Salah satu alasan kenapa batu andesit lebih banyak digunakan dibanding jenis batu alam lain adalah karena memiliki daya tahan lebih kuat terhadap berbagai cuaca ekstrim sekalipun dan tahan lama. Namun meskipun demikian, tidak semua batu andesit lolos uji sebagai bahan utama konstruksi.

Batu andesit untuk keperluan konstruksi harus melewati serangkaian tes berupa uji kekuatan, yakni uji kuat tarik, kuat geser, kuat tekan, desnsitas, berat jenis, dan lain-lain.

Tes tersebut penting dilakukan untuk memperlihatkan elastisitas batu dan sifat fisika yang lain. Sehingga dapat disortis batu andesit mana yang bisa digunakan.

Selain batu andesit, cek juga harga batu lainnya seperti Harga Batu Bata dan Harga Batu Alam

2. Sebagai Dimension Stone

Batu andesit yang tidak lolos uji biasanya dipotong-potong menjadi beberapa ukuran tertentu. Kemudian dipahat dan diamplas, hingga akhirnya dipoles agar bisa dimanfaatkan dengan baik. Potongan batu andesit ini biasanya disebut dengan dimension stone.

Dimension stone sendiri biasanya dimanfaatkan untuk keperluan estetika sebuah bangunan, seperti ornamen pada dinding, lantai, maupun dekorasi lain. Dimension stone bahkan ada pula yang digunakan untuk memproduksi berbagai kerajinan tangan.

Terlepas dari hal tersebut, proses terbentuknya batu andesit secara letusan atau vulkanologi mirip dengan proses pembentukan batu diorit. Batu andesit banyak ditemukan di aliran lava yang dihasilkan oleh stratovulkano.

Lava yang naik ke permukaan bumi nanti akan mengalami proses pendinginan dengan cepat, oleh karenanya tekstur batu andesit menjadi sangat halus.

Pada dasarnya ada banyak hal yang mendorong terbentuknya batu andesit, salah satunya adalah terbentuk setelah proses pelelahan atau pencarian lempengan samudera akibat subduksi. Subduksi sendiri menjadi penyebab utama proses pelelahan terjadi. Karenanya, batu andesit ada di atas zona subdiksi yang menjadi batuan umum penyusun kerak benua.

Selain itu, batu andesit juga bisa terbentuk pada oceanic hotspot dan ocean ridges yang dihasilkan dari partial melting batu basal.

Batu andesit bahkan juga terbentuk ketika terjadinya letusan pada struktur dalam lempeng benua, yang pada akhirnya menyebabkan magma meleleh keluar menuju lava hingga bercampur dengan magma benua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Batu Split
Selengkapnya!

Harga Batu Split

Tahukah kamu bahwa harga batu split tergolong bahan material bangunan yang harganya cukup menguras kantong ? Sama seperti…
Batu Alam Dinding
Selengkapnya!

Harga Batu Alam Dinding

Memilih batu alam dinding bisa dibilang gampang-gampang susah, bagaimana tidak Anda harus menyesuaikannya dengan desain dan gaya hunianmu,…