Harga Batu Bara

Sebagai salah satu sumber energi yang banyak ditemukan di Indonesia, kira-kira berapa kisaran harga batu bara terbaru di pasaran Indonesia?

Bahkan meskipun banyak ditemukan tempat-tempat yang menyimpan cadangan batu bara di Indonesia, dalam dunia nyata mungkin sebagian besar dari kita belum pernah menemukan wujud fisik dari batu bara itu sendiri.

Pada umumnya, batu bara banyak digunakan di industri dan perusahaan pengelolahan energi. Batu bara adalah salah satu hasil dari alam yang memberikan banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Menjadi sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui, yang mana penggunaannya bisa dilakukan dalam berbagai bidang, berikut ini akan kami rangkumkan seputar harga batu ini manfaat batu bara selengkapnya.

Adapun manfaat batu bara dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut.

Batu Bara

Manfaat Batu Bara

Bicara soal manfaat, si batu berwarna hitam pekat dan panas ini memiliki segudang manfaat diantaranya sebagai berikut.

1. Menghasilkan Gas

Berkat banyaknya tempat penyimpanan cadangan batu bara di Indonesia, sehingga menjadikannya sebagai daerah penghasil gas alam terbesar di dunia.

Pada dasarnya batu bara yang ada di dalam tanah bisa secara langsung menghasilkan gas alam. Untuk proses pengambilannya sendiri butuh bantuan alat-alat khusus yang canggih.

Gas yang dihasilkan oleh batu bara kemudian diolah menjadi berbagai macam produk, seperti produk hidrogen, solar, bahan bakar industri, dan pembangkit listrik tenaga gas.

2. Industri Produksi Baja

Seperti yang kita tahu bersama, bahwa sebuah industri penghasil baja sangat bergantung pada ketersediaan sumber batu bara. Baja sendiri berperan penting dalam kehidupan kita, seperti berbagai macam perlengkapan industri yang dibuat dari bahan utama baja, produk kesehatan seperti alat-alat kesehatan, alat-alat pertanian, dan lain-lain.

3. Bahan Bakar Cair

Mungkin sebelumnya Anda tidak pernah menyangka, kalau ternyata batu bara bisa diubah dalam bentuk bahan bakar cair. Ini pastinya sangat efektif sekali untuk menggantikan bahan bakar minyak.

Pada dasarnya proses pengelolaan batu bara sendiri menjadi bahan bakar cair dapat merubah batu bara bubuk atau bongkahan yang dilarutkan dalam suhu tinggi.

Nah, produk batu bara cair inilah yang kemudian dimurnikan dengan proses ulang, hingga akhirnya menghasilkan bahan bakar minyak dengan kualitas yang lebih baik dari bahan bakar minyak dari kilang minyak secara langsung.

4. Industri Produksi Aluminium

Batu bara bisa dikatakan sebagai salah satu bahan bakar yang mendukung industri aluminium. Bahan bakar ini bahkan akan mendukung proses pengelolaan oksidasi besi, yang kemudian menghasilkan panas tinggi. Baja yang dihasilkan akan dipisahkan berdasarkan kualitasnya, lalu produk yang tidak memiliki syarat baja akan kembali diolah menjadi aluminium.

Hingga akhirnya didapatkan produk aluminium yang dapat digunakan untuk berbagai jenis industri, mulai dari industri pertanian, alat-alat dapur, konstruksi, dan lain-lain.

5. Industri Produk Semen

Batu bara adalah salah satu bahan yang dibutuhkan dalam industri produksi semen. Meskipun bukan sebagai bahan utamanya, namun batu bara berperan penting dalam proses pembakarannya.

Hal ini dikarenakan batu bara dapat menghasilkan suhu yang sangat tinggi, bahkan mencapai 1.500 derajat celcius.

6. Industri Produk Kertas

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, bahwa panas yang dihasilkan batu bara ini sangatlah tinggi, sehingga banyak dimanfaatkan dalam perindustrian, salah satunya adalah industri produk keras.

Dalam proses produksi keras, batu bara diklaim cukup mumpuni dalam hal ini sebab panas yang dihasilkan sangat stabil.

Apabila penggunaan batu bara digantikan dengan bahan bakar lain, mungkin beberapa produk dari kertas tidak bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

7. Sebagai Sumber Tenaga Pembangkit Listrik

Manfaat lainnya adalah sebagai sumber tenaga pembangkit listrik di beberapa negara, seperti Jerman, China, India, Australia, Jepang, dan beberapa negara lain. Batu bara nanti akan dikonversikan ke dalam bentuk uap panas, kemudian menjadi sumber tenaga pembangkit listrik.

Namun sebelumnya batu bara akan dihancurkan menggunakan mesin penggiling agar berubah menjadi bentuk bubuk yang halus, lalu dibakar menggunakan mesin ketel uap.

Daftar Harga Batu Bara Terbaru

Asal muasal batu bara adalah dari batuan sedimen berwarna hitam, yang terbentuk dari tanaman yang telah mati kemudian terperangkap dalam endapan batuan. Tidak jauh berbeda dengan minyak mentah, batu bara juga termasuk dalam golongan bahan bakar fosil.

Perkiraan harga batu bara terbaru berikut ini dihitung berdasarkan rata-rata indeks ICI (Indonesia Coal Index), NEX (Newcastle Export Index), GCNC (Globalcoal Newcastle Index), dan Platt’s 5900 di bulan sebelumnya.

Selain itu, harga batu bara juga dihitung dengan beberapa pertimbangan kualitas yang nanti akan disetarakan pada jumlah kalori 6322 kcal per kg GAR, total moisture 8%, total sulphur 0.8%, dan ASH 15%.

PeriodeHarga Batu Bara (USD per Ton)
Junari 201992.41
Februari 201991.8
Maret 201990.57
April 201988.85
Mei 201981.86
Juni 201981.48
Juli 201971.92
Agustus 201971.67
September 201965.79
Oktober 201964.80
November 201966.27
Desember 201966.30
Januari65.93
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Harga Batu Kali
Selengkapnya!

Harga Batu

Batu merupakan salah satu bahan bangunan/material utama dalam pembangunan sebuah bangunan, tapi tahukah Anda berapa Harga Batu tersebut…
Batu Split
Selengkapnya!

Harga Batu Split

Tahukah kamu bahwa harga batu split tergolong bahan material bangunan yang harganya cukup menguras kantong ? Sama seperti…
Batu Bata Berlubang
Selengkapnya!

Harga Batu Bata

Harga Batu Bata semakin hati semakin terjangkau banget loh ternyata, hal ini dikarenakan batu bata sebagai bahan utama…