Harga Batu Bata Putih

Dalam membuat sebuah bangunan, bahan baku yang diperlukan di antaranya adalah bata, semen, pasir, dan juga masih banyak lagi. Untuk batu bata sendiri, Anda pasti lebih familiar atau lebih mengenal bata merah atau yang biasa disebut dengan batu bata merah karena penggunaannya yang luas.

Namun tahukah Anda bahwa ada jenis bata lainnya yaitu bata putih atau bata ringan? Selain bata ringan, bata putih juga sering kali disebut sebagai hebel. Penggunaan bata putih sebagai bahan bangunan saat ini semakin populer.

Karena itu, dalam pembahasan kali ini kami akan memberikan penjelasan terkait dengan bata putih mulai dari kandungan, sifat, hingga harga batu bata putih itu sendiri.

Pengenalan Batu Bata Putih

Harga Batu Bata Putih

Bata putih seperti namanya memiliki warna putih yang dihasilkan dari campuran semen, kapur, pasir kuarsa, dan juga pasir silika yang kemudian ditambahkan pasta aluminium. Jenis bata ini awalnya digunakan oleh masyarakat di luar negeri, khususnya di negara Eropa.

Kemudian pada sekitar tahun 1990-an masyarakat Indonesia mulai menggunakan bata putih atau bata ringan ini sebagai bahan baku untuk pembangunan. Tekstur permukaannya halus dan juga memiliki tingkat kerataan yang baik, bobot atau berat dari bata putih juga ringan.

Ringannya bata putih ini kemudian menjadi alasan mengapa bata putih sering juga disebut sebagai bata ringan. Karakteristik atau ciri yang membedakan jenis bata ini adalah bentuknya yang rapi dan juga presisi sehingga dapat menghasilkan dinding bangunan yang rapi dan berestetika tinggi.

Meskipun bobotnya ringan, bata putih ini tahan terhadap goncangan, tahan api, dan suara yang bising, juga kedap air sehingga risiko dinding terkena rembesan hujan saat datangnya musim hujan akan menjadi jauh lebih kecil dibandingkan dengan dinding yang menggunakan bata merah.

Bata putih dibuat dengan menggunakan mesin yang canggih, berbeda dengan batu bata merah atau biasa juga disebut sebagai batako yang masih diproduksi dengan menggunakan proses tradisional dan manual.

Ada dua jenis dari bata putih atau bata ringan yang dijual di pasaran yaitu Autoclaved Aerated Concrete yang biasa disingkat sebagai AAC dan Cellular Lightweight Concrete yang biasa disingkat sebagai CLC.

Perbedaan dari kedua jenis bata putih ini terletak pada komposisinya, meskipun material atau komponen penyusunnya sama. Selain itu, perbedaan lainnya terletak pada proses pengeringannya. CLC dikeringkan secara alami sedangkan AAC dikeringkan menggunakan tekanan yang tinggi.

Dalam proses pembuatannya, bata putih AAC memerlukan waktu selama kurang lebih 7 hingga dengan 8 jam dan kemudian dilakukan pengeringan di dalam autoclave dengan menggunakan tekanan yang tinggi.

Reaksi kimia kemudian terjadi antara aluminium pasta dengan kalsium hidroksida pada pasir kuarsa dan juga air yang membentuk hidrogen dimana gas hidrogen tersebut kemudian akan membentuk gelembung udara yang menjadi pori – pori dari bata putih itu sendiri.

Pemilihan penggunaan dari jenis bata putih ini terkait dengan produktivitas pemasangan dan juga biaya yang diperlukan. Meskipun bata putih AAC lebih cepat pemasangannya dari bata putih CLC, namun harga atau biaya yang diperlukan akan lebih banyak.

Keuntungan Menggunakan Batu Bata Putih Sebagai Bahan Bangunan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penggunaan bata putih memiliki beberapa keuntungan jika dibandingkan dengan penggunaan bata merah atau batako dalam konstruksi, di antaranya adalah:

Bata Putih Merupakan Insulator yang Baik

Pada bata putih terdapat pori – pori yang berujuan untuk menurunkan bobot. Pori – pori yang ada di permukaan bata putih mampu menyerap panas dan bersifat seperti insulator sehingga dapat mempertahankan suhu dingin di dalam ruangan.

Selain menyerap panas, pori –pori tersebut juga berperan dalam menghalau suara bising dari luar ruangan karena material yang digunakan dalam pembuatan bata putih merupakan material yang kedap akan suara.

Bata Putih Memiliki Kekuatan Yang Setara Dengan Beton

Meskipun bentuk dan juga dimensi yang dimiliki oleh bata putih tidak jauh berbeda dengan batu bata atau bata merah, bata putih memiliki berat atau bobot yang lebih ringan 3 kali lipat dari bata merah.

Dengan bobot yang ringan tersebut, bata putih justru menawarkan tingkat kekuatan yang tinggi karena terbuat dari bahan – bahan penyusun beton. Ketahanan yang dimiliki oleh bata putih inilah yang menyebabkan bangunan nantinya akan tahan akan gempa.

Proses Pemasangan Bata Putih Lebih Cepat

Karena memiliki dimensi yang lebih presisi jika dibandingkan dengan bata merah yaitu 2 mm per satu bata, juga permukaan yang lebih rata, proses pemasangan bata putih tentu saja akan lebih cepat jika dibandingkan dengan proses pemasangan bata merah.

Selain itu, proses pemasangan juga akan lebih mudah juga lebih rapi karena bobot bata putih ini ringan. Meskipun begitu, bata putih memerlukan perekat khusus yang berupa mortar atau semen instan agar dapat merekat dengan sempurna.

Baca juga : Harga Batu Bata Ringan

Bata Putih Dapat Membantu Menurunkan Biaya Pembangunan

Harga batu bata putih per biji atau satuan memang lebih mahal jika dibandingkan dengan harga batu bata merah, namun dengan menggunakan bata putih anda menghemat penggunaan plester hingga sebesar 50%.

Hal tersebut lah yang akan membuat total biaya yang Anda keluarkan menjadi lebih sedikit. Selain itu, karena proses pemasangannya yang cepat, Anda juga akan menghemat biaya pekerja bangunan yang biasanya dibayar harian.

Penggunaan Batu Bata Putih Membuat Proses Finishing Dinding Menjadi Lebih Mudah

Proses finishing dinding merupakan proses penempelan plester aci pada dinding untuk membuat permukaan dinding menjadi halus. Karena bata putih atau bata ringan memiliki tekstur permukaan yang rata dan halus, hal tersebut memudahkan proses finishing ini.

Dengan permukaan yang halus, plester aci yang diperlukan tidak setebal dan sebanyak yang diperlukan pada dinding yang terbuat dari bata merah sehingga membuat prosesnya lebih mudah juga lebih cepat.

Harga Batu Bata Putih Terbaru

Harga Batu Bata Putih Terbaru

Perlu Anda ingat bahwa harga batu bata putih ringan beragam sesuai dengan ukuran, kualitas dan juga tempat Anda membeli bata ringan atau bata putih tersebut. Berikut adalah harga dari bata ringan atau bata putih pada tahun ini.

Jenis Bata PutihUkuranHarga Per Ukuran (Rp)
Bata ringan vosconPer kubik640.000 – 1.100.000
Bata ringan hebelPer kubik760.000 – 1.250.000
Bata ringan AACPer kubik775.000 – 1.350.000
Bata ringan CLCPer kubik704.000 – 1.120.000
Bata ringan 7,5 cm x 20 cm x 60 cmSatuan7.000 – 8.800
Bata ringan 10 cm x 20 cm x 60 cmSatuan9.500 – 11.000
Bata ringan 7,5 cm x 20 cm x 60 cmPer kubik568.000 – 634.000
Bata ringan 10 cm x 20 cm x 60 cmPer kubik756.500 – 846.000

Demikian informasi kita seputar Batu Bata Merah, nantikan informasi menarik lainnya hanya di Infoharga.id ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
batu Koral
Selengkapnya!

Harga Batu Koral

Batu koral menjadi elemen penting pada saat merancang taman dan kolam yang cantik walaupun terbilang Harga Batu Koral…
Batu Bara
Selengkapnya!

Harga Batu Bara

Sebagai salah satu sumber energi yang banyak ditemukan di Indonesia, kira-kira berapa kisaran harga batu bara terbaru di…