Harga Batu Bata

Harga Batu Bata semakin hati semakin terjangkau banget loh ternyata, hal ini dikarenakan batu bata sebagai bahan utama material bangunan.

Siapa yang tidak mengenal material bangunan satu ini, batu bata? Batu bata adalah salah satu material bangunan yang bisa dibilang sangat familiar, dan umum sekali digunakan sebagai bahan konstruksi tembok, pagar, hingga elemen rumah lainnya selain menggunakan kayu.

Jika kebetulan Anda akan menggunakan bahan atau material konstruksi satu ini, sebaiknya ketahui terlebih dulu perkiraan harga batu bata terbaru.

Mengetahui harga batu ini akan membantu Anda untuk mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan rumah, kantor, atau gedung.

Daftar Harga Batu Bata Terbaru

Harga Batu Bata

Sebelum kami akan membahas lebih jauh mengenai harga batu bata terbaru, mungkin Anda hanya mengetahui kalau batu bata hanya dibuat dari tanah liat saja. Tetapi ternyata tidak demikian, seiring dengan perkembangan teknologi, kini sudah banyak batu bata yang dibuat dari bahan-bahan lainnya.

Batu bata dipilih sebagai material bangunan, karena sudah terbukti lebih awet, kuat, dan murah. Bahkan untuk mendapatkannya pun jauh lebih mudah. Inilah sebabnya kenapa pada akhirnya banyak orang yang lebih memilih batu bata dibanding material baru lain.

Batu BataUkuranHarga
Batu bata biasa4 x 8 x 18 cmRp 450,00
Batu bata oven19 x 9 x 5 cmRp 870,00
Batu bata jumbo20 x 10 x 5 cmRp 930,00
Batu bata batako36 x 17 x 8 cmRp 2.100,00
Batu bata hebel12.6 m3 dan tebal 7.5 cmRp 420.000,00
Batu bata hebel12.6 m3 dan tebal 10 cmRp 520.000,00
Batu bata bataton35 x 15 x 9.5 cmRp 4.000,00

Jenis Batu Bata yang Umum Digunakan

Ada beberapa jenis batu bata yang perlu Anda ketahui. Ini bertujuan untuk penggunaan batu bata sebagai bahan utama material yang utuh dan cocok. Jangan sampai salah pilih ya, jika masih bingung ingin membeli batu bata jenis apa, Anda bisa tonton dan simak penjelasan tentang Batu Bata yang ada di Channel YouTube.

Batu Bata Merah

Batu Bata Merah

Ini adalah jenis batu bata paling umum digunakan, terutama di Indonesia. Batu bata merah bisa dibilang sudah menjadi bahan atau material wajib dalam membangun rumah atau gedung. Batu bata merah memiliki kekuatan yang cukup bagus, bahkan tingkat keawetannya pun sudah teruji.

Tak perlu khawatir, batu bata merah mudah ditemui di pasaran. Pada umumnya batu bata merah dibuat dari tanah liat, yang kemudian dicetak berbentuk balok persegi panjang dan dibakar disuhu tinggi. Batu bata merah dengan warna merah yang lebih mencolok adalah yang memiliki kualitas bagus.

Meskipun demikian, tanah yang digunakan untuk membuat batu bata ini tidak boleh sembarangan. Bangunan yang dibangun dari material batu bata merah pastinya terasa lebih nyaman dan sejuk.

Batu Bata Batako

Batu Bata Batako

Pada dasarnya ada banyak sekali jenis batu bata yang bisa dipilih, salah satunya adalah batu bata batako. Secara umum, batu bata jenis ini dibuat dari campuran semen dan pasir kasar, kemudian dicetak atau dipres. Konstruksi bangunan yang menggunakan batu bata batako diantaranya rumah, gudang, pagar, dan pos jaga.

Jika dibandingkan dengan batu bata merah, batu bata batako memiliki ukuran relatif besar. Tidak salah jika pemasangannya pun lebih mudah dan cepat selesai. Meskipun demikian, bobot batu bata batako ini lebih ringan dibanding batu bata merah.

Dikarenakan memiliki sifat lebih kuat, awet, dan tahan lama, batu bata batako lebih cocok untuk dinding outdoor, karena memang sifatnya yang kedap air. Sifat yang dimiliki batu bata batako ini diklaim mampu melindungi rumah di lingkungan yang dikelilingi oleh banyak air.

Batu Bata Hebel

Batu Bata Hebel

Sudahkah Anda tahu dengan jenis material bangunan satu ini? Batu bata hebel memang cukup baru sebagai material bangunan di Indonesia. Berkat pertumbuhan teknologi dan trend industri yang berkembang cukup pesat, hingga akhirnya menghadirkan batu bata hebel yang dipercaya bagus untuk kontruksi bangunan.

Berbeda dengan jenis batu bata pada umumnya, batu bata hebel lebih ringan dan merupakan produk pabrikan yang dibuat dengan melewati proses kimiawi. Material batu bata hebel sendiri dari campuran pasir kuarsa, kapur, almunium pasta, gypsum, semen, dan air.

Dikarenakan proses pembuatan dan pencetakannya dilakukan di pabrik, sehingga ukuran batu bata hebel ini lebih presisi dan rapi. Sehingga memudahkan dalam proses pemasangan. Batu bata hebel bahkan baik dalam menyerap panas. Itu berarti bangunan yang Anda dirikan akan terasa lebih sejuk.

Batu Bata Berlubang

Batu Bata Berlubang

Lalu untuk yang terakhir ini adalah batu bata berlubang. Jenis tersebut mengandung lubang silinder di dalam ketebalannya. Batu bata berlubang tergolong ringan, namun meskipun demikian sebelum proses pemasangan butuh sedikit campuran tanah liat.

Batu bata berlubang hampir sama dengan batu bata batako, sebab memiliki lubang di bagian tengahnya. Jika dibandingkan dengan batu bata merah, batu bata berlubang tergolong cepat dalam pembuatan, terutama pada proses pengiriman atau pembakaran.

Batu bata berlubang lebih banyak digunakan dalam konstruksi panel, terutama untuk struktur ringan dan struktur berbingkai. Selain itu, batu bata berlubang juga memiliki berbagai bentuk, mulai dari bentuk balok, melingkar, hingga ada pula yang berbentuk melintang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Batu Bara
Selengkapnya!

Harga Batu Bara

Sebagai salah satu sumber energi yang banyak ditemukan di Indonesia, kira-kira berapa kisaran harga batu bara terbaru di…
Harga Batu Kali
Selengkapnya!

Harga Batu Kali

Berapa perkiraan harga batu kali terbaru di tahun ini ? Batu kali adalah jenis bongkahan batu yang berasal…