Harga Batu Belah

Bagi Anda yang kebetulan akan menggunakan batu belah sebagai material konstruksi, sebaiknya ketahui terlebih dulu harga batu belah terbaru dan macam-macam jenis batu belah yang bisa dipilih. Berikut telah kami rangkumkan informasi selengkapnya untuk Anda.

Pada dasarnya pengaplikasian batu belah menjadi solusi jitu persiapan pondasi dasar yang kuat dan kokoh. Pemilihan batu belah dengan ukuran besar dan berbentuk prisma bersudut mampu menciptakan penguncian antara batuan yang kokoh, dengan drainase yang baik.

Sehingga struktur bangunan dan konstruksi menjadi lebih kuat dan tahan lama.

Harga Batu Belah

Macam-Macam Jenis Batu Belah

Setelah mengetahui daftar lengkap harga batu ini, kini saatnya untuk mengetahui macam-macam jenis batu belah yang ada di pasaran. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan batu belah yang sesuai, baik  untuk pondasi bangunan dan yang lainnya.

Terlepas dari hal tersebut pada dasarnya batu belah memiliki beberapa kelebihan, salah satunya adalah memiliki kemampuan untuk mengikuti ukuran yang diinginkan, sehingga didapatkan hasil yang lebih rapi.

Namun demikian, pastikan Anda memilih batu belah dengan kualitas bagus. Cara menentukan bagus atau tidaknya kualitas batu belah mudah sekali, yakni dengan membelah batu belah tersebut menggunakan palu.

Jika ternyata hasilnya tajam, maka batu belah tersebut baik untuk digunakan sebagai bahan bangunan.

Kembali ke pokok pembahasan di awal, berikut ini adalah macam-macam jenis batu belah yang harus Anda tahu.

1. Batu Gajah (Boulder Elephant Stone)

Sama seperti namanya, jenis batu belah yang pertama ini memang memiliki ukuran cukup besar. Bisa dibilang, ini merupakan jenis batu belah paling besar diantara macam dan jenis batu belah lain.

Batu belah gajah lebih sering digunakan untuk menimbun lahan di lokasi dekat tepi pantai. Namun meskipun demikian, Anda juga bisa memilihnya untuk pembuatan cor beton. Penggunaan batu gajah nanti akan membantu menahan ombak saat Anda membangun hunian di tepian pantai.

2. Batu Sirtu

Lalu untuk jenis berikut ini sebenarnya merupakan kependekan dari kata “pasir batu”, karena memang materialnya terdiri atas pasir dengan batuan. Biasanya jenis batu belah sirtu banyak digunakan untuk melapisi batu gajah dan ditempatkan pada timbunan batu gajah yang masih belum stabil.

Selain untuk bangunan rumah, batu sirtu juga sering digunakan sebagai bahan perkerasan jalan, plester, campuran beton, dan masih ada banyak lagi.

3. Base Course

Ini adalah jenis batuan yang dijadikan sebagai pelapis batu gajah dan batu sirtu. Jika timbunan stabil, maka batu gajah bisa langsung dilapisi base course. Tapi jika belum stabil, maka timbunan sebaiknya diberi lapisan dengan batu sirtu sebelum akhirnya dilapisi base course.

4. Batu Pecah

Selanjutnya ada jenis batu pecah, ini merupakan batuan alam yang ukurannya berkisar antara 30 hingga 50 mm saja. Batuan alam tersebut umumnya digunakan secara luas, yakni sebagai bahan utama pondasi proyek pengerjaan jalan.

Batu pecah untuk proyek jalan biasanya diletakan di bagian paling bawah sebelum akhirnya ditimpah oleh material lain.

5. Batu belah Ukuran 20 – 30 mm

Apabila Anda ingin melakukan pengecoran, maka disarankan untuk memilih jenis batu belah ukuran 20 – 30 mm. Sebab, jenis batuan alam tersebut memang direkomendasikan untuk penggunaan bahan cor, terutama untuk pengecoran lantai maupun horizontal lainnya.

6. Batu Belah Ukuran 10 – 20 mm

Lain halnya untuk jenis batu belah ukuran berikut ini, yang bisa digunakan untuk segala bahan konstruksi bangunan. Anda bahkan bisa menggunakannya untuk konstruksi berat sekalipun, misalnya pembangunan gedung bertingkat, dermaga, jalan tol, dan lain-lain.

Baca juga artikel : Harga Batu Nisan dan Harga Batu Ruby yang telah kami tayangkan juga di situs ini ya! 😀

Harga Batu Belah Terbaru

Sudah sejak lama keberadaan batu belah sebagai material bangunan penting peranannya. Alasannya, batu belah kerap kali digunakan sebagai bahan utama dalam konstruksi bangunan. Sebab, dianggap lebih kuat, awet, dan tahan lama.

Seperti namanya, istilah batu belah sendiri didasarkan pada proses mendapatkan batu itu sendiri, yakni dengan cara dibelah menggunakan cara tradisional atau pun peralatan khusus.

Jadi, secara umum batu belah ini merupakan jenis bebatuan kecil yang didapatkan dengan cara membelah batuan berukuran besar menjadi bongkahan-bongkahan batu berukuran kecil.

Batu belah, atau yang juga disebut dengan batu split  biasanya memiliki ciri khas warna hitam keabu-abuan dan bertekstur tajam. Namun demikian, ada pula batu belah yang memiliki warna keputihan. Tergantung dari mana asal batu belah tersebut didapatkan.

Jika dibandingkan dengan jenis batu lain, batu belah memiliki karakteristik fisik yang keras, padat, dan sisi yang tidak rata. Berikut adalah daftar harga batu belah terbaru yang harus Anda tahu.

Spesifikasi Batu BelahHarga
Batu belah per m3Rp 185.000,00
Batu belah 1 pick upRp 280.000,00
Batu belah 1 trukRp 1.350.000,00
Batu belah 1 colt dieselRp 1.580.500,00
Batu belah 1 tronton 25 m3Rp 230.500,00 per m3
Batu belah 1 engkel 3.3 m3Rp 1.250.000,00

Itu dia artikel dan ulasan lengkap kita seputar batu belah, batu ini dikenal sebagai batu yang perlu dibeli ketika Anda memutuskan untuk membuat bangunan yang estetik. Semoga Bermanfaat ya~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Batu Bata Berlubang
Selengkapnya!

Harga Batu Bata

Harga Batu Bata semakin hati semakin terjangkau banget loh ternyata, hal ini dikarenakan batu bata sebagai bahan utama…
Batu Bara
Selengkapnya!

Harga Batu Bara

Sebagai salah satu sumber energi yang banyak ditemukan di Indonesia, kira-kira berapa kisaran harga batu bara terbaru di…