Harga Batu Marmer

Pemilihan bahan bangunan dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap sebuah bangunan itu sendiri. Jika Anda ingin membuat bangunan yang memiliki nuansa rusty, Anda dapat menggunakan bahan bangunan seperti kayu – kayuan, atau dekorasi yang memiliki serat kayu.

Namun untuk membuat bangunan dengan nuansa yang mewah, Anda dapat menggunakan batu marmer sebagai bahan bangunan karena motif abstrak yang dimiliki oleh batu marmer sangat mewah. Motif atau corak yang ada pada batu marmer merupakan motif yang terbentuk secara alami.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli batu marmer, berikut kami sampaikan penjelasan mengenai batu marmer secara lengkap mulai dari kegunaan batu marmer sampai dengan harga batu marmer.

Penggunaan Batu Marmer

Harga Batu Marmer

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, batu marmer sering digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan dan memberikan kesan yang mewah juga elegan terhadap bangunan tersebut. Namun selain hal tersebut, batu marmer juga memiliki manfaat yang lainnya di antaranya yaitu:

  1. Batu marmer dapat digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan

Pemanfaatan batu marmer yang utama memang adalah sebagai bahan konstruksi bangunan. Batu marmer ini dapat digunakan pada interior maupun eksterior bangunan, namun karena sifatnya yang sensitif terhadap cuaca biasanya batu marmer digunakan pada interior bangunan.

  1. Batu marmer dapat digunakan sebagai bahan baku furniture

Selain digunakan sebagai bahan konstruksi, Karena batu marmer termasuk jenis batu dengan tekstur yang lunak dan mudah di pahat batu marmer juga sering digunakan sebagai bahan baku berbagai macam furniture.

Biasanya furniture yang dibuat dari batu marmer adalah kursi, meja, dan furniture dekoratif seperti guci, vas atau juga patung. Karena motifnya yang indah, furniture dekoratif yang terbuat dari batu marmer tidak memerlukan finishing seperti pengecatan.

  1. Batu marmer dapat digunakan sebagai bahan baku pembersih rumah

Selain digunakan sebagai bahan bangunan dan furniture, batu marmer juga saat digunakan sebagai pembersih rumah karena mengandung kalsit. Kalsit adalah jenis mineral yang memiliki tingkat kekerasan pada mosh tiga.

Karena teksturnya yang lembut itulah cairan pembersih yang menggunakan batu marmer sebagai bahan bakunya bersifat lembut dan tidak akan menyebabkan goresan pada furniture atau alat yang dibersihkan.

  1. Batu marmer dapat digunakan sebagai pupuk

Kandungan zat kapur dan kalsium dioksida pada batu kapur yang sudah melewati proses pembakaran atau pemanasan dapat digunakan sebagai bahan pembuat pupuk. Proses pemanasan dilakukan untuk dapat mengubah senyawa karbon dioksida menjadi kalsium dioksida.

Jenis Batu Marmer

Jenis Batu Marmer

Batu marmer adalah jenis batu yang dihasilkan dari metamorfosa kapur, dan kemudian menghasilkan motif abstrak yang indah. Walaupun terlihat mirip, ternyata batu marmer terbagi menjadi beberapa jenis. Di antaranya adalah:

  1. Architectural Marble

Jenis batu marmer ini adalah jenis batu marmer yang kokoh juga tahan lama, sehingga sering digunakan menjadi komponen arsitektur dari sebuah bangunan. Jenis batu marmer arsitektural ini memiliki warna, motif, dan juga tekstur yang beragam.

  1. Ornamental Marble

Jika Anda melihat bangunan Yunani kuno, Anda akan menemukan jenis batu marmer ini. Bangunan berpilar dan juga patung – patung Dewa yang dibuat oleh bangsa Yunani kuno menggunakan jenis batu marmer ini sebagai bahan bakunya.

Meskipun teksturnya lebih kasar jika dibandingkan dengan jenis batu marmer yang lain, batu marmer ornamental ini lebih mudah untuk dibentuk dan dipahat sehingga menjadi salah satu jenis marmer yang sering digunakan pada pilar bangunan.

  1. Onyx Marble

Marmer onyx ini memiliki tekstur permukaan yang halus, warna yang cenderung transparan dengan pola atau motif yang mirip seperti kayu. Tampilan dari jenis batu marmer ini lebih mewah jika dibandingkan dengan jenis batu marmer yang lain.

Karena hal itu lah, batu marmer onyx kemudian dijual dengan harga yang lebih mahal dan juga lebih sering digunakan sebagai bahan bangunan pada bangunan yang mewah.

  1. Cipolin Marble

Batu marmer jenis cipolin ini biasanya digunakan untuk dekorasi seperti pada alas meja atau juga pada dapur karena memiliki warna yang relatif lebih gelap dan juga pola atau motif yang abstrak.

Berbeda dengan motif batu marmer yang lain, marmer cipolin ini bahkan ada yang memiliki motif seperti sapuan kuas dan juga ada yang terlihat seperti lapisan atau tumpukan kue.

  1. Limestone Marble

Jenis batu marmer limestone ini adalah jenis yang unggul sehingga banyak dicari dan diincar untuk digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan. Warna dan corak dari jenis batu marmer ini indah dan juga khas.

Hal yang disukai dari batu marmer limestone adalah karena batu marmer ini mudah untuk dibersihkan, anti lumut, juga tidak menjadi licin saat terkena air. Hal tersebut kemudian membuat jenis batu marmer ini digunakan pada kamar mandi atau pinggiran kolam renang.

  1. Statuary Marble

Dengan warna yang putih bersih, mengkilap dan juga tekstur permukaannya yang halus membuat jenis batu marmer ini menjadi kecintaan dan sering digunakan untuk lantai pada bangunan.

Statuary marble ini dibagi menjadi beberapa jenis yaitu polished atau marmer dengan permukaan mengkilap dan mulus, acid atau marmer dengan permukaan yang timbul dan juga honed atau marmer dengan permukaan dove.

  1. Ruin Marble

Karena mengandung kristal yang mengendap pada saat terjadinya proses pengendapan, jenis batu marmer ini memiliki tekstur permukaan yang paling mulus di antara jenis batu marmer yang lainnya.

Warna dari jenis marmer ini biasanya adalah krem atau juga coklat, dengan pola atau motif yang khas yaitu seperti robek memberikan kesan artistik dan juga estetis jika digunakan sebagai dekorasi.

Baca juga : Harga Batu Alam Templek

Harga Batu Marmer Terbaru

Meskipun harga dari batu marmer yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis batu lainnya, hal tersebut tidak menyurutkan keinginan para peminatnya karena batu marmer ini terkenal dengan kesannya yang mewah juga elegan.

Berikut kami lampirkan kisaran harga dari berbagai jenis dan merek dagang batu marmer. Namun kisaran harga ini bukan merupakan harga pasti, harga yang dilampirkan hanya sebagai acuan atau perbandingan.

Jenis Batu MarmerUkuranKisaran Harga (Rp)
Honey OnyxSlab5.000.000 – 5.300.000 per m2
Wooden OnyxSlab2.000.000 – 2.350.000 per m2
Tiger OnyxSlab2.150.000 – 2.400.000 per m2
Multicolor OnyxSlab5.050.000 – 5.425.000 per m2
Butterfly roseSlab1.100.000 – 1.350.000 per m2
Polysandro classicoSlab3.500.000 – 3.700.000 per m2
Nero picassoSlab2.400.000 – 2.665.000 per m2
Tropical greenSlab2.100.000 – 2.275.000 per m2
Tropical treasure greenSlab2.222.000 – 2.400.000 per m2
Servegiante silverSlab1.000.000 – 1.100.000 per m2
Servegiante redSlab1.200.000 – 1.300.000 per m2
Servegiante PRSlab1.775.000 – 1.900.000 per m2

Demikian informasi tentang Batu Marmer yang kita bagikan, silahkan tentukan sesuai kebutuhan Anda. Semoga Bermanfaat~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Batu Bata Merah
Selengkapnya!

Harga Batu Bata Merah

Sebelum Anda memulai melakukan pembangunan sebuah hunian tinggal, perkantoran, atau pun gedung bertingkat, batu bata merah menjadi salah…
Harga Batu Kali
Selengkapnya!

Harga Batu

Batu merupakan salah satu bahan bangunan/material utama dalam pembangunan sebuah bangunan, tapi tahukah Anda berapa Harga Batu tersebut…