Harga Batu Pondasi

Pada dasarnya batu pondasi menjadi salah satu material yang sangat diperlukan. Saking pentingnya, batu pondasi digadang-gadang sebagai material utama dalam membangun sebuah bangunan, baik itu bangunan gedung-gedung bertingkat, rumah, atau ruko (rumah toko).

Atas dasar itulah melalui artikel berikut akan kami informasikan kepada Anda seputar harga batu pondasi terbaru, lengkap dengan tips-tips memilih batu pondasi yang benar. Mari simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Batu Pondasi

Tips Memilih Batu Pondasi yang Benar

Di pasaran, ada banyak jenis batu yang bisa dipilih. Namun demikian, tidak semua batu bisa digunakan untuk pondasi bangunan.

Pastikan Anda sudah memilih jenis batu yang tepat, yakni yang benar-benar direkomendasikan untuk pondasi bangunan. Dengan begitu, bangunan yang Anda dirikan menjadi lebih kokoh dan kuat dalam waktu lama.

Sebelum kami membahas lebih lanjut mengenai harga batu tersebut lengkap dengan tips memilih batu pondasinya, sebaiknya ketahui terlebih dulu jenis batuan alam yang layak Anda pilih. Berikut informasi selengkapnya.

Berikut ini adalah tips memilih batu pondasi yang benar harus Anda tahu.

  1. Tips yang pertama, mencari referensi toko atau brand maupun merek yang memang jual batu pondasi terpercaya. Jangan lupa, bandingkan toko atau brand tersebut dengan toko lain. Dengan begitu Anda dapat mengetahui mana batu pondasi dengan kualitas terbaik.
  2. Jangan lupa, perhatikan batu pondasi yang hendak dibeli, lebih baik pilih batu pondasi yang benar-benar direkomendasikan untuk material pondasi. Sehingga nanti bangunan Anda akan jauh lebih kokoh, awet, juga tahan lama.
  3. Pahami untuk apa Anda membeli batu alam tersebut? Apa benar-benar untuk pengecoran, pondasi, atau untuk hiasan? Bisa dibilang ini adalah pertimbangan yang paling penting dalam memilih batu. Karena berangkat dari sinilah Anda bisa tahu jenis batu yang paling sesuai dengan kebutuhan.
  4. Baik itu untuk pondasi atau hiasan, disarankan agar Anda terlebih dulu mengetahui ukuran batu yang dibutuhkan. Misalnya untuk kasus membangun pondasi rumah, di pasaran ada banyak sekali ukuran batu yang ditawarkan, mulai dari 0 – 5 mm, bahkan sampai batu gajah pun tersedia. Untuk mengetahui ukuran yang pas, sebaiknya diskusikan terlebih dulu dengan pihak yang merancang rumah Anda.
  5. Untuk membeli batu pondasi memang membutuhkan budget yang tinggi, dengan begitu Anda akan mendapatkan kualitas terbaik. Tetapi tidak semua kualitas bagus didapatkan dari harga yang tinggi pula. Oleh karenanya, akan lebih bijak lagi jika Anda memilih dengan harga yang sedang, tetapi dengan tidak melupakan sisi kualitas yang bagus pula.

Batu Bulat

Ini adalah jenis batuan alam yang paling umum dijadikan untuk pondasi rumah, gedung bertingkat, dan lain-lain, terutama di wilayah Indonesia.

Alasannya, jika dibanding dengan jenis batuan alam lain, batu bulat jauh lebih mudah ditemukan di Indonesia. Selain itu, karena batu bulat dianggap paling kokoh dan kuat untuk pondasi bangunan.

Jenis batu bulat ini sendiri memiliki dua macam, yakni batu kali dan batu gunung. Khususnya untuk jenis batu bulat gunung memiliki ciri khas warna abu-abu agak kehitaman. Sementara itu untuk ukurannya, biasanya hanya berdiamater 25 cm.

Sehingga ketika akan digunakan jenis batu alam ini masih harus dibelah. Berbeda dengan jenis batu bulat kali yang cenderung lebih keras dan berat dibanding batu bulat gunung.

Batu Karang

Ini adalah jenis batua alam yang berasal dari daerah pantai. Batu karang biasanya berwarna putih agak kekuningan, tetapi ada pula batu karang yang berwarna kehitaman. Dikatakan baik untuk material pondasi, sebab batu alam cukup kuat, bersih, dan tidak memiliki garis kelapukan.

Sama seperti batu bulat di atas, batu barang juga harus melewati proses pemecahan terlebih dulu sebelum akhirnya digunakan. Lalu dari segi harga, batu karang ternyata ditawarkan dengan harga lebih mahal dari batu bulat atau pun jenis batuan alam lainnya.

Karena jumlahnya memang tidak sebanyak batu bulat dan hanya bisa ditemukan di daerah dekat pantai.

Batu Belah

Batu belah atau yang juga disebut dengan batu pecah ini berasal dari batu bulat yang berukuran besar.

Dimana bebatuan tersebut telah melewati proses pemecahan, hingga akhirnya menjadi bongkahan-bongkahan yang tidak terlalu besar. Untuk material pondasi, disarankan agar Anda memilih batu belah yang memiliki tingkat kekerasan yang baik, padat, dan tidak lapuk.

Batu belah dikatakan baik untuk bahan utama pondasi, sebab memiliki daya cengkeram yang cukup kuat. Namun demikian, harga batu belah ternyata lebih mahal, tetapi kualitasnya memang jauh lebih baik dari jenis batu lainnya.

Batu Blondos

Terakhir, ada batu blondos, ini adalah jenis batuan alam yang hampir sama dengan batu bulat. Hanya saja yang membedakannya, bentuk batu blondos hanya sebesar kepalan tangan orang dewasa.

Batu blondos juga sering disebut sebagai batu kosongan. Dipilih sebagai material pondasi, sebab batu blondos cukup kuat, keras, bersih, dan tidak lapuk.

Harga Batu Pondasi

Batu Pondasi 1 trukHarga
Batu bulatRp 1.450.000,00
Batu karangRp 1.300.000,00
Batu belahRp 1.890.000,00
Batu blondosRp 2.100.000,00

Itu dia beberapa informasi lengkap yang berhubungan dengan batu pondasi, nantikan informasi menarik lainnya seputar daftar dan info harga terbaru apapun dari kami ya. Semoga Bermanfaat~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Batu Bara
Selengkapnya!

Harga Batu Bara

Sebagai salah satu sumber energi yang banyak ditemukan di Indonesia, kira-kira berapa kisaran harga batu bara terbaru di…
Batu Alam Dinding
Selengkapnya!

Harga Batu Alam Dinding

Memilih batu alam dinding bisa dibilang gampang-gampang susah, bagaimana tidak Anda harus menyesuaikannya dengan desain dan gaya hunianmu,…