Harga Batu Taman

Rumah yang dilengkapi dengan taman kecil namun asri dan indah tentu saja menjadi konsep dari rumah hunian ideal untuk banyak orang. Selain tanaman dan juga bunga – bungaan, biasanya batu-batuan juga digunakan sebagai dekorasi taman.

Batu taman adalah salah satu material popular, karena dengan ditambahkannya batu taman ini membuat taman menjadi semakin indah. Jenis batu yang biasa digunakan sebagai batu dekorasi taman adalah batu alam dan juga batu koral.

Sebelum Anda memutuskan membeli bebatuan untuk digunakan sebagai batu taman, berikut kami lampirkan penjelasan mengenai batu taman mulai dari jenisnya hingga harga batu taman berbentuk kisaran harga yang dapat Anda gunakan sebagai acuan.

Jenis Batu Taman

Harga Batu Taman

Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, jenis batu yang popular untuk digunakan sebagai batu taman adalah batu alam dan batu koral. Namun selain kedua jenis batu tersebut, ada juga beberapa jenis batu lainnya, di antara lainnya adalah:

  1. Batu Kerikil Kacang

Batu kerikil ini merupakan jenis bebatuan yang memiliki ujung tumpul dan tersedia dalam berbagai warna. Batu ini sering digunakan sebagai pathway, atau juga ditambahkan pada sela – sela bebatuan yang digunakan sebagai pathway.

Namun karena bentuknya yang kecil dan bentuknya yang tidak beraturan, batu kerikil kacang atau pea gravel ini mudah sekali untuk berpindah tempat jika terinjak. Karena itu, Anda harus memasang tepian sehingga ada batas area yang ditempati oleh batu kerikil kacang ini.

  1. Batu Pebble

Batu yang memiliki bentuk bulat, ceper, lonjong, dan tumpul ini biasanya terdapat pada ukuran sedang sekitar 8 hingga 10 cm. Batu pebble ini sering digunakan pada dasar kolam, pathway, dasar air mancur, dinding taman, dan pinggiran area dari tanaman.

Karena batu pebble ini memiliki tekstur permukaan yang halus dan ukuran yang besar, batu pebble ini mudah untuk dikreasikan. Harga dari batu pebble ini lebih mahal jika dibandingkan dengan harga kerikil biasa.

  1. Batu Kerikil Kali

Penggunaan kerikil batu kali ini sama hal nya seperti penggunaan kerikil mini. Meskipun begitu, kerikil dari batu kali ini memiliki ukuran yang lebih besar, yaitu sekitar 1 hingga 4 cm.

Namun karena batu kali mudah sekali untuk ditumbuhi rumput dan tumbuhan liat, Anda harus rajin merawat dan membersihkan sela-sela dari batu ini.

  1. Batu Granit Dekomposit

Batuan yang berasal dari batu granit yang mengalami penghancuran dan pengikisan ini memiliki ukuran yang kecil dan juga tekstur yang halus. Batu granit dekomposit ini sering digunakan pada taman sebagai bahan pengganti tanah atau sebagai bahan path.

Selain digunakan pada taman, jenis batu ini juga sering digunakan sebagai bahan baku berbagai perlengkapan pada kamar mandi dan juga bahan baku ubin lantai.

  1. Batu Marmer

Dengan penampilan yang menarik, permukaan mengkilap dan juga warna yang indah dan terang, batu marmer atau yang biasa juga disebut batu marble ini memberikan kesan yang elegan dan juga mewah pada taman Anda.

Batu marmer ini memiliki tingkat sensitif yang tinggi terhadap cuaca, maka batu marmer biasanya digunakan pada lokasi yang tidak terkena matahari secara langsung.

Baca juga : Harga Batu Marmer

  1. Batu Templek

Batu templek ini memiliki tekstur yang tidak beraturan namun memiliki tingkat kekuatan yang tinggi dengan ukuran seperti lempengan yang tipis. Biasanya batu templek digunakan sebagai dekorasi pada dinding.

Selain pada dinding taman yang biasanya diletakkan di outdoor, batu templek juga bagus digunakan pada dinding yang ditempatkan di daerah atau ruangan indoor. Permasalahan mengenai lumut pada batu ini dapat diatasi dengan penambahan coating atau pernis batu alam

  1. Batu Candi

Meskipun nama batu ini adalah batu candi, namun batu ini bukan jenis batuan yang digunakan sebagai bahan baku membuat candi. Jenis batu yang digunakan pada pembuatan candi adalah batu andesit.

Batu candi ini memiliki pori – pori yang lebih terbuka sehingga lebih mudah dirawat jika dibandingkan dengan batu andesit. Seperti batu templek, batu candi juga biasanya digunakan sebagai dekorasi dinding pada taman.

  1. Batu Andesit

Batu yang berasal dari proses erupsi gunung berapi ini sering digunakan pada dinding karena memiliki karaktertik yang kuat dan tahan terhadap cuaca yang ekstrem, sehingga sering digunakan pada dinding taman yang ada di luar atau outdoor.

  1. Batu Koral

Jenis batu ini digunakan sebagai hiasan dan juga pada pathway taman. Path yang disusun oleh batu koral ini akan memberikan efek relaksasi yang dapat memijat telapak kaki Anda. Batu koral biasanya dapat Anda temukan di sisi sungai.

Cara Aplikasi dan Menata Batu Taman

Untuk memanfaatkan batu – batuan sebagai dekorasi taman Anda, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam mengaplikasan dan menata batu taman tersebut sehingga dapat memperindah taman Anda bukannya membuat taman Anda menjadi tidak rapi, di antaranya yaitu:

  1. Gunakan batu koral sebagai pathway

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, batu koral dapat Anda gunakan pada pathway atau jalan setapak. Dengan adanya pathway dari batu koral ini tanaman dan rumput akan lebih terjaga agar tidak terinjak.

Batu koral juga tidak akan licin saat terkena air sehingga Anda tidak perlu khawatir akan terpeleset pada saat melewati pathway batu koral ini saat hujan turun.

  1. Gunakan batu alam seperti batu templek untuk dekorasi dinding

Jika pada lahan taman masih ada tempat kosong, Anda dapat menambahkan dinding dari baru alam. Batu alam seperti batu templek, batu marmer dan juga batu alam yang lainnya dapat Anda gunakan sebagai dekorasi pada dinding.

Dinding dari batu alam ini memerlukan perawatan untuk menghindari tumbuhnya lumut yang dapat membuat taman Anda terlihat tidak terawat. Anda dapat menggunakan coating minimal enam bulan hingga dengan satu tahun sekali untuk menghindari pertumbuhan lumut.

Harga Batu Taman

Harga dari batu taman beragam sesuai dengan jenisnya, kualitas, dan juga tempat Anda membelinya. Berikut akan kami lampirkan kisaran harga dari beberapa macam batu taman agar kemudian dapat Anda jadikan acuan dalam berbelanja.

Jenis BatuUkuranHarga (Rp)
Batu pebble putih1 kg7.000 – 8.500
Batu pebble natural cream1 kg4.500 – 5.400
Batu candi(30 cm x 30 cm)110.000 – 125. 000 per m2
Batu andesit(30 cm x 30 cm)155.000 – 172.500 per m2
Batu koral putih1 kg6.500 – 7.700
Batu kerikil hias1 kg7.500 – 9.200
Batu Templek Curim2135.000 – 147.500
Batu Templek Garutm266.000 – 74.000
Batu Templek Kebumenm2130.000 – 147.000
Batu Templek Purwakartam267.000 – 77.000

Demikian informasi tentang batu taman, bagi yang butuh info harga batu taman, ukurannya, jenis dan satuannya bisa cek pada tabel di atas. Dapatkan informasi menarik lainnya hanya di Info harga ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Harga Batu Alam Templek
Selengkapnya!

Harga Batu Alam Templek

Sebenarnya ada banyak material yang bisa digunakan untuk melapisi permukaan dinding rumahmu. Salah satunya adalah batu alam templek,…
Batu Split
Selengkapnya!

Harga Batu Split

Tahukah kamu bahwa harga batu split tergolong bahan material bangunan yang harganya cukup menguras kantong ? Sama seperti…
Harga Batu Kali
Selengkapnya!

Harga Batu Kali

Berapa perkiraan harga batu kali terbaru di tahun ini ? Batu kali adalah jenis bongkahan batu yang berasal…