Harga Besi Bekas

Harga besi bekas yang lebih murah dibandingkan besi baru tentu menjadi daya tarik tersendiri. Keberadaan besi bekas juga memberikan peluang bagi terciptanya banyak produk. Besi bekas seperti aluminium, tembaga, baja, kuningan, dan besi didaur ulang menjadi bermacam produk baru.

Menggunakan besi tua dapat mengurangi limbah dan membantu melestarikan lingkungan untuk generasi mendatang. Sebagai contoh, besi tua dan logam aluminium digunakan secara luas dalam industri konstruksi untuk proyek yang bervariasi seperti jalan dan jembatan.

Kegunaan Besi Bekas

Harga Besi Bekas

Manufaktur dan Industri

Sebagian besar logam bekas yang didaur ulang dapat digunakan untuk pembuatan barang yang benar-benar baru, seperti peralatan atau bahan bangunan. Beberapa produksi barang yang paling umum biasanya menggunakan besi tua dengan konsentrasi tinggi.

Benda semacam mobil, pesawat terbang, peralatan, dan wadah industri, pekerjaan saluran, dan pipa ledeng adalah contoh barang yang bisa diciptakan dari besi tua.

Karena harga besi bekas lebih murah, maka benda-benda ini pun nantinya juga akan memiliki harga jual yang lebih terjangkau.

Kemasan

Aluminium dan baja daur ulang biasanya digunakan kembali sebagai kemasan makanan. Saat ini, sebagian besar barang kaleng mengandung beberapa persen logam daur ulang, dan banyak juga yang terbuat dari 100% bahan daur ulang.

Hanya dalam waktu dua bulan, logam bekas daur ulang dapat muncul kembali di rak-rak sebagai wadah makanan atau minuman baru. Hal ini menciptakan proses yang sangat efisien dan ekonomis.

Kelebihan lain dari memproses ulang aluminium adalah karena di dalamnya hanya ada kegiatan yang singkat maka emisi gas rumah kaca yang tercipta juga lebih sedikit. Hal ini berbanding terbalik jika dibandingkan dengan pembuatan aluminium baru.

Dengan membuat produksi kemasan menggunakan logam daur ulang akan menyebabkan lebih hemat biaya dan ramah lingkungan daripada membuat kaleng menggunakan aluminium baru.

Rumah

Besi tua sering didaur ulang menjadi komponen untuk rumah, seperti perabot, alat-alat rumah tangga, dan penerangan. Bahan atap logam sering dibuat seluruhnya atau sebagian dari logam daur ulang juga.

Banyak jenis wadah yang terbuat dari bahan besi tua. Bahkan besi tua dapat disulap menjadi berbagai komponen. Karena besi tua lebih murah bagi produsen pada umumnya, benda ini merupakan komoditas yang banyak dicari oleh sejumlah industri yang berbeda.

Mebel

Industri seperti mebel juga menggunakan besi bekas, yaitu untuk perabot logam yang bergaya dan tahan lama. Anda dapat menemukan glider, bangku, meja, dan lampu yang telah dibuat dengan bahan besi tua.

Seni

Karya seni modern dan pengerjaan logam dekoratif juga dapat dibuat dari besi tua. Proses ini memberikan kembali nilai pada benda yang telah mencapai akhir masa fungsionalnya sehingga memiliki tujuan baru yang menarik.

Beberapa pematung juga menggunakan besi tua untuk karya seni mereka. Daya tarik bagi para seniman adalah dalam semua bahan, warna, ukuran, dan bentuk yang berbeda yang datang dalam berbagai logam daur ulang. Patung dari logam daur ulang bahkan sangat khas dan unik.

Keuntungan Menggunakan Besi Bekas

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan Besi Bekas. Berikut adalah keuntungan menggunakan besi bekas.

Harga Lebih Murah

Seperti yang kerap disinggung di atas, Harga Besi Bangunan ketika masih baru akan jauh berbeda dengan saat sudah menjadi besi tua. Maka dari itu, jika Anda membutuhkan besi untuk beberapa produk yang tidak harus menggunakan besi baru, besi bekas bisa menjadi solusi.

Anda akan menghemat anggaran jauh lebih besar dibandingkan jika memilih menggunakan besi baru. Anda tidak perlu kuatir, asalkan bisa menemukan besi bekas dengan kualitas yang baik, maka tidak akan ada masalah dalam pemakaiannya. Toh nantinya besi tersebut akan didaur ulang.

Menyelamatkan Lingkungan

Hal ini terdengar sentimentil, tetapi memang begitu kenyataannya di lapangan. Ada jutaan kilogram besi rongsokan yang dihasilkan setiap bulannya, tentu ini akan menjadi masalah bagi generasi di masa mendatang.

Sampah yang menumpuk, tanpa didaur ulang bukan hanya akan mengganggu ruang gerak, tetapi juga bisa menyebabkan masalah lingkungan dan kesehatan yang lebih serius. Dengan gerakan mendaur ulang besi bekas, maka masalah seperti ini bisa dikurangi.

Selain besi bekas, Anda juga bisa cari tau Harga Besi Wiremesh

Kualitas Sama

Besi baru maupun besi bekas sebenarnya tidak jauh berbeda dari segi kualitas. Hanya saja ketika menggunakan besi bekas ada usaha ekstra yang harus ditempuh sebelum dapat menggunakannya untuk apa saja.

Karat serta bentuk besi bekas yang tidak beraturan menjadi tantangan tersendiri jika ingin menggunakan besi semacam ini sebelum didaur ulang.

Harga Besi Tua Per Kg

KategoriHarga (Rp)
Kelas A5.500 / Kg
Kelas B5.350 – 5.500 / Kg
Kelas C4.500 – 4.900 / Kg
Kelas D3.000 – 4.100 / Kg
Kelas E1.000 – 2.100 / Kg
Ex Pabrik 15.600 / Kg
Ex Pabrik 25.000 / Kg
Kaleng Press2.900 / Kg
Polongan 15.600 / Kg
Besi Super 15.000 – 5.500 / Kg
Besi Super 24.500 – 5.500 / Kg
Besi Kapal4.600 – 5.100 / Kg
Besi Behel5.100 – 5.600 / Kg
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Fungsi Besi WF
Selengkapnya!

Harga Besi WF

Besi WF atau Wide Flange merupakan besi baja yang sering Anda temui di dalam konstruksi. Harga Besi WF…
Besi CNP
Selengkapnya!

Harga Besi CNP

Besi CNP biasa digunakan untuk konstruksi karena kemampuannya dalam mengunci struktur. Biasanya besi CNP dimanfaatkan untuk girts, member…
Harga Besi UNP
Selengkapnya!

Harga Besi UNP

Besi UNP adalah jenis besi yang berbentuk lengkung seperti tapal kuda. Terdapat dua ukuran panjang untuk besi UNP,…