Harga Kayu Kelapa

Selain kayu jati dan kayu mahoni, kayu kelapa juga menjadi salah satu jenis yang menjadi pilihan banyak orang untuk digunakan sebagai bahan baku dalam membuat bangunan. Kayu kelapa memiliki tekstur yang kasar dan kuat sehingga lebih tahan lama, serta dapat menahan beban yang berat.

Sebelum Anda menggunakan kayu kelapa, Anda harus mengetahui dulu karakteristik yang dimiliki oleh kayu kelapa atau kayu glugu ini. Dalam pembahasan kali ini, kami akan membahas terkait dengan karakter, kelebihan dan juga kekurangan, serta harga kayu kelapa.

Kayu kelapa atau sering juga disebut sebagai kayu glugu ini memiliki serat yang indah dan jelas, tingkat kekuatannya tinggi dan memiliki daya tahan yang relatif lama jika dibandingkan dengan jenis kayu yang lainnya.

Kelebihan Kayu Kelapa

Kayu Kelapa

Kayu kelapa memiliki beberapa kelebihan yang membuat banyak orang memilih jenis kayu ini untuk digunakan pada berbagai macam kebutuhan. Kelebihan kayu kelapa tersebut di antaranya adalah:

  1. Kayu kelapa memiliki tingkat kekuatan yang tinggi yang sudah terkenal sehingga sering kali digunakan sebagai penyangga atap dan genteng bangunan. Setelah melewati proses pengeringan, kekuatan kayu kelapa bahkan bisa menyamai kekuatan dari kayu jati
  2. Indonesia adalah negara yang terkenal dengan industri minyak kelapa.
    Dalam industri minyak kelapa biasanya menghasilkan limbah berupa batang pohon kelapa. Limbah batang pohon kelapa tersebut dapat diolah menjadi kayu kelapa atau biasa disebut kayu glugu.
  3. Kayu kelapa memiliki partikel yang rapat dan juga kuat, membuat kayu kela memiliki daya tahan yang tinggi terhadap serangan hama seperti rayap, jamur, kumbang kayu, tikus, dan juga kutu bubuk karena kerapatan dan juga kekuatan partikelnya membuat hama – hama tersebut sulit untuk menguraikan kayu kelapa
  4. Meskipun kualitas dari kayu kelapa ini hampir menyerupai kayu jati, namun kayu kelapa dijual di pasaran dengan harga yang relatif jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga kayu jati di pasaran
  5. Memiliki serat yang indah dan juga khas, alur yang tegas pada permukaan kayu kelapa membuat proses finishing dari kayu kelapa menjadi lebih mudah. Hanya dengan finishing transparan sudah bisa membuat kayu kelapa terlihat menarik
  6. Memiliki struktur partikel yang rapat dan juga kuat membuat pemeliharaan yang dibutuhkan oleh kayu kelapa atau kayu glugu ini menjadi lebih mudah. Cara pemeliharaannya hanya dengan menjaga kayu kelapa dalam keadaan yang kering dan tidak lembab

Kekurangan Kayu Kelapa

Terlepas dari kelebihan yang dimiliki oleh kayu kelapa, jenis kayu ini juga memiliki beberapa kekurangan yang harus Anda perhatikan dan dapat Anda jadikan pertimbangan ketika akan membelinya. Kekurangan tersebut di antaranya adalah:

  1. Kayu kelapa memang memiliki tingkat ketahanan yang tinggi terhadap hama, namun kayu kelapa ini tidak memiliki tingkat ketahanan yang tinggi terhadap air. Paparan air terhadap kayu kelapa dapat membuat kayu kelapa cepat hancur
  2. Tekstur dan juga struktur kayu kelapa yang keras dan kasar menyebabkan kayu kelapa membutuhkan proses pengolahan yang lebih ekstra jika dibandingkan dengan proses pengolahan kayu jenis lainnya.
    Tekstur dan struktur yang kasar akan membuat kualitas kayu kelapa menjadi rendah dan harga dipasaran menjadi lebih rendah.
  3. Pohon kelapa pada umumnya memiliki kebutuhan air yang banyak pada saat masa pertumbuhannya sehingga batang pohon kelapa menampung banyak kandungan air.
    Kandungan air pada kayu kelapa tersebut akan membuat kualitasnya menurun, maka air pada kayu kelapa harus dihilangkan. Hal tersebut menyebabkan proses pengeringan yang dibutuhkan oleh kayu kelapa relatif lebih lama jika dibandingkan dengan kayu jenis lainnya.
  4. Kayu kelapa tersusun dari serpihan kayu berukuran kecil dengan tekstur yang tajam, berbeda dengan kayu lainnya yang tersusun oleh partikel yang kuat. Hal ini menyebabkan risiko akan tertusuk dan juga terjadinya kecelakaan pada kulit menjadi lebih tinggi.

Selain hal tersebut, proses finishing dan penghalusan untuk kayu kelapa lebih rumit dan sulit jika dibandingkan dengan jenis kayu yang lainnya.

Baca juga : Harga Kayu Glugu

Harga Kayu Kelapa Gelondongan

Harga Kayu Kelapa Gelondongan

Kayu kelapa dapat dibuat dan juga dijual dalam bentuk gelondongan di pasaran. Kayu kelapa dengan bentuk gelondongan biasanya digunakan sebagai penyanggah dinding dan dalam pembuatan jembatan, dan juga sebagai bahan baku untuk pembuatan gazebo.

Khusus pembuatan gazebo biasanya digunakan jenis kayu kelapa tua. Hal tersebut dipilih karena kayu kelapa tua memiliki tingkat kepadatan dan kekerasan pada kayu lebih tinggi, jika dibandingkan dengan kayu kelapa muda.

Harga kayu kelapa per batang dalam bentuk gelondongan biasanya mulai dari Rp 165.000. Hingga Rp 185.000 per meter untuk diameter 20 cm hingga 29 cm.

Harga kayu dalam bentuk gelondongan dengan ukuran diameter 30 cm sampai 50 cm berkisar antara Rp 230.000 sampai Rp 275.000 di pasaran.

Harga Kayu Kelapa Per Kubik

Selain dijual dalam bentuk gelondongan, kayu kelapa juga dijual dalam bentuk kaso, balok, dan juga papan. Biasanya parameter pengukuran harga dari kayu kelapa dihitung berdasarkan per kubik kayu kelapa. Berikut kami lampirkan harga dari kayu kelapa di pasaran per satuan kubik.

SpesifikasiUkuran Kayu (cm)Harga Kayu Kelapa per m3 (Rp)
Reng2 x 33.000.000 – 3.250.000
Reng2 x 33.225.000 – 3.445.000
Kaso4 x 63.660.000 – 3.778.000
Kaso5 x 73.700.500 – 3.880.000
Balok5 x 103.700.500 – 3.880.000
Balok6 x 123.700.500 – 3.920.000
Balok8 x 153.700.500 – 3.985.000
Papan2 x 103.300.000 – 3.445.000
Papan2 x 203.350.500 –  3.500.500
Papan3 x 203.325.000 – 3.485.000
Papan3 x 303.465.500 – 3.525.000

Harga Kayu Kelapa 6×12 cm

Sebagai kebutuhan industri mebel dan bahan baku furniture, kayu kelapa biasanya dijual dalam bentuk usuk atau bentuk yang sudah berupa ukuran yang tidak besar berbentuk balok atau kubus sesuai dengan kebutuhan.

Harga kayu kelapa per meter untuk ukuran 6×12 cm berkisar antara Rp 38.250  hingga Rp 41.500.

Ukuran Panjang Kayu Kelapa (meter)Harga Kayu (Rp)
239.500 – 42.400
341.800 – 45.300
443.900 – 48.550

Harga Kayu Kelapa Super

Kayu kelapa memiliki jenis yang unggul yaitu dikenal dengan kayu kelapa super. Biasanya, kayu kelapa jenis ini memiliki kualitas yang lebih bagus dengan tekstur yang dimiliki halus namun lebih rapat.

Diameter kayu kelapa super ini juga lebih besar jika dibandingkan dengan kayu kelapa jenis biasa pada umur yang sama.

Harga di pasaran, kayu kelapa super cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan kayu kelapa jenis biasanya. Perbedaan harga dari kedua jenis ini dapat berkisar antara Rp 3.500 hingga dengan Rp 6.000.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Harga Kayu Balsa
Selengkapnya!

Harga Kayu Balsa

Kayu adalah salah satu material yang banyak digunakan dalam berbagai kebutuhan mulai dari bahan baku furniture, lantai rumah…
Harga Kayu Kamper Terbaru dan Terupdate
Selengkapnya!

Harga Kayu Kamper

Untuk membangun sebuah hunian, material kayu sangatlah dibutuhkan keberadaannya. Salah satu jenis kayu yang kerap dipilih untuk proses…
Harga Kayu Kruing
Selengkapnya!

Harga Kayu Kruing

Kayu jati adalah salah satu jenis kayu yang terkenal dengan kekuatannya, menyebabkan kayu jati sering digunakan sebagai bahan…