Harga Kayu Meranti

Kayu meranti biasanya dikenali dari permukaannya yang berwarna merah muda pucat, merah tua, merah tua kecoklatan, hingga merah muda kecoklatan dengan harga kayu meranti yang terjangkau. Warna yang dihadirkan pada kayu meranti tersebut menandakan usia dari kayu tersebut, dimana semakin gelapnya warna kayu meranti itu artinya usianya semakin tua, sehingga mutu dan kualitasnya semakin bagus.

Lalu, berapa harga kayu ini dan apa saja kelebihannya? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Daftar Harga Kayu Meranti Terbaru

harga kayu meranti

Kayu meranti adalah jenis kayu serbaguna yang paling populer dan komersial, terutama di kawasan Asia Tenggara. Pada umumnya, jenis kayu tersebut banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan konstruksi bangunan dan bahan dasar furniture. Kayu meranti merupakan jenis tanaman khas daerah tropis, yang juga termasuk jenis kayu keras dengan bobot ringan hingga berat – sedang.

Beberapa daerah di Indonesia dengan memiliki stok kayu meranti cukup banyak antara lain Sumatera, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan. Adapun ciri dari kayu meranti ini seperti berikut.

  1. Memiliki tingi berkisar antara 30 – 70 meter
  2. Memiliki batang bulat dan lurus
  3. Memiliki cabang antara 20 – 30 meter
  4. Diameter pohon berkisar antara 50 – 450 meter
  5. Ada alur di dalam atau dangkal dengan warna terang, gelap, kadang juga berwarna coklat kemerahan
  6. Memiliki daya tahan yang baik
  7. Memiliki struktur agak kasar
  8. Memiliki kepadatan berkisar 630 kg per m3
  9. Mengandung pigmen larut dalam air
  10. Memiliki masa berbunga dan berbuah antara 4 – 7 tahun sekali
  11. Memiliki bobot rendah hingga berat

Berikut ini adalah daftar harga kayu meranti terbaru tahun ini yang harus Anda tahu.

Spesifikasi Kayu MerantiHarga
2 x 3 cmRp 15.500,00
3 x 4 cmRp 18.000,00
2 x 2 cmRp 10.500,00
2 x 20 cmRp 47.500,00
1 x 1 cmRp 5.900,00
4 x 6 cmRp 35.600,00

Manfaat Menggunakan Kayu Meranti

Setiap kayu memiliki manfaat dan spesialisasi dari setiap tipe dan jenisnya. Kayu meranti memiliki banyak manfaat yang dapat Anda miliki, diantaranya sebagai berikut.

1. Mudah Dikeringkan

Tiap jenis kayu pastinya memiliki kadar air tersendiri, begitu pun dengan jenis kayu meranti satu ini yang memiliki bobot berkisar 0.3 – 0.86 pada kandungan air 15%. Namun meskipun demikian, kayu meranti ternyata masih termasuk dalam jenis kayu yang mudah dibebaskan dari banyaknya kadar air yang terkandung di dalamnya.

Kabar baiknya, proses pengeringannya pun bisa dilakukan dengan mudah dan alami, yakni dengan bantuan sinar matahari atau pun bisa pula dengan menggunakan alat khusus. Biasanya pengeringan kayu meranti bertujuan untuk menjaga bentuk dan ukurannya agar tetap stabil.

Selain Kayu Merantai, Ada juga jenis kayu berkualitas dengan harga terjangkau, cek sekarang yuk Harga Kayu Gaharu

2. Lebih Awet

Membahas lebih jauh lagi mengenai kekuatannya, jenis kayu meranti merah misalnya ternyata tergolong dalam kelas kuat II – IV (hingga 15 tahun). Sementara itu untuk tingkat keawetan jenis kayu meranti yang tergolong dalam kelas III – IV (hingga 10 tahun).

Setidaknya ada 5 tingkatkan klasifikasi keawetan kayu meranti yang bisa dipilih. Dimana semakin kecilnya tingkat kelas kayu tersebut, maka akan semakin awet kayu meranti untuk digunakan dalam konstruksi. Kayu meranti merah diklaim menjadi jenis yang mudah diawetkan, misalnya dengan menggunakan minyak diesel yang dicampur dengan kreosot.

3. Struktur Keras

Harga kayu meranti memang tergolong lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. Meskipun demikian, kayu meranti tersebut juga dapat dimasukan dalam jenis kayu yang strukturnya keras. Bentuk serta ukuran kayu meranti bahkan tidak mudah mengalami perubahan.

Kayu meranti pun tidak mudah memuai, atau menyusut yang biasanya diakibatkan oleh perubahan suhu. Jenis kayu ini bisa dikatakan cukup stabil, seingga cocok dijadikan sebagai material penyusun struktur bangunan atau pun sketsa bangunan, terutama rangka atap. Dengan menggunakan kayu meranti, maka sebuah bangunan akan bertahan lebih lama.

4. Bahan Furniture

Berbeda dengan jenis kayu lain, kayu meranti memiliki karakteristik yang mudah dibentuk, sehingga cocok pula dijadikan aneka macam furniture. Maka dari itu, kayu tersebut lebih sering kita lihat sehari-hari.

5. Bahan Konstruksi Bangunan

Seperti yang sudah kami singgung di atas, kayu meranti memiliki tekstur yang keras dan tahan lama, sehingga menjadikan kayu tersebut banyak dimanfaatkan sebagai bahan konstruksi bangunan, seperti pembuatan rangka atap, pintu, alas lantai, parket lantai, jendela, bahkan railing tangga.

6. Bahan Pembuat Kertas

Ada beragam manfaat dan kegunaan dari jenis kayu meranti tersebut, salah satunya adalah bisa dijadikan sebagai bahan pembuat kertas. Selain itu, kayu meranti juga bermanfaat untuk berbagai hal, seperti venir untuk kayu lapis, papan partikel, dan harbor.

7. Kayu Paling Mendekati Sempurna

Kenapa harus memilih kayu meranti? Sebab, jenis kayu ini memiliki beberapa kelebihan dan kegunaan, diantaranya adalah tanaman dari kayu meranti tersebut memiliki bentuk batang bulat silindris dengan tinggi mencapai 40 – 50 meter.

Kayu meranti bahkan memiliki kemampuan pruning, yakni pembebasan cabang pohon alami yang mandiri. Sehingga yang demikian menjadikan kayu meranti tersebut kaya akan manfaat.

Itu dia beberapa ulasan lengkap kita seputar Kayu Meranti mulai dari review, manfaat dan harga terbaru kayu sudah kita bahas. Nantikan informasi menarik lainnya hanya di infoharga.id ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Harga Kayu Usuk
Selengkapnya!

Harga Kayu Usuk

Kayu merupakan salah satu bahan material yang banyak digunakan saat ingin membangun rumah. Salah satu kayu yang sering…
Harga Kayu Balok Terbaru
Selengkapnya!

Harga Kayu Balok

Sudahkah Anda mengetahui bahwa kayu balok merupakan salah satu jenis kayu dengan bentuk segi empat yang memiliki siku-siku.…