Jenis, Fungsi dan Harga Pagar Rumah yang Ramah di Kantong

Pagar rumah merupakan salah satu bagian eksterior rumah yang cukup penting untuk memberikan kesan indah. Terdapat berbagai macam jenis beserta harga pagar yang bisa Anda pilih sesuai konsep rumah yang diinginkan.

Jenis-jenis pagar rumah yang bisa Anda pilih mulai dari jenis bahan hingga model yang bisa disesuaikan dengan konsep dan tema rumah. Jenis bahan pagar yang digunakan mulai dari kayu, besi hingga baja ringan. Sedangkan untuk harga pagar mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah.

Rumah Anda pasti akan terlihat lebih cantik jika ditambahkan pagar di depan rumah. Sebelum membeli pagar rumah, Anda harus mengetahui jenis pagar yang dibutuhkan, fungsi, tips hingga biaya yang harus dikeluarkan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut!

Ragam Jenis Pagar Rumah

Harga Pagar Rumah
Harga Pagar Rumah

Desain rumah yang cantik merupakan impian setiap keluarga untuk mewujudkan hunian yang nyaman dan indah secara visual. Ada banyak cara yang dapat dilakukan, mulai dari desain interior dan eksterior yang berkonsep. Salah satu yang bisa mempercantik rumah adalah memasang pagar depan.

Pagar depan rumah memiliki beberapa jenis sesuai dengan material yang digunakan. Anda bisa memilih jenis bahan atau material pagar sesuai dengan konsep rumah, agar komposisi desain rumah lebih menyatu. Berikut jenis bahan pagar yang bisa Anda pilih, di antaranya yakni:

Bahan besi

Material pagar rumah yang sering dijumpai adalah terbuat dari besi. Bahan besi sangat diminati para konsumen karena termasuk kuat, ekonomis dan bisa dilapisi dengan cairan anti karat. Selain itu, pagar besi juga membuat tampilan rumah Anda semakin megah dan kokoh.

Bahan kayu

Bagi Anda yang menyukai konsep rumah minimalis atau vintage, Anda bisa memilih jenis pagar rumah berbahan kayu. Jenis kayu yang bisa digunakan untuk pagar tidak bisa sembarangan. Pada umumnya, para pengrajin akan menggunakan kayu jati, merbau dan ulin.

Jenis 3 kayu yang sudah disebutkan diatas, menjadi bahan dasar utama pembuatan pagar rumah karena tidak mudah lapuk meskipun kena panas dan air.  Harga untuk ketiga jenis kayu ini juga cukup terjangkau dan sesuai dengan kualitas yang akan didapatkan.

Bahan baja ringan

Pagar rumah baja ringan, saat ini juga banyak diminati oleh konsumen karena harganya sangat terjangkau dan memberikan tampilan visual yang indah. Pagar baja ringan juga bisa digunakan untuk segala konsep rumah mulai dari minimalis, modern, hingga industrial.

Bahan kaca dan besi

Desain rumah minimalis biasanya menggunakan bahan besi untuk pagar depan. Jika Anda ingin memberikan inovasi yang lebih kekinian, Anda bisa menggunakan perpaduan besi dengan kaca. Kaca yang digunakan harus memiliki ketebalan minimal 1 cm dan berjenis tempered glass. .

Bahan Wire mesh atau anyaman kawat

Pernahkah Anda melihat pagar yang berupa anyaman kawat? Pagar anyaman kawat atau wire mesh bisa menjadi salah satu pilihan untuk desain eksterior rumah Anda. Pagar berbahan kawat ini sangat cocok untuk konsep rumah industrial seperti rumah-rumah di kawasan Eropa.

Bahan besi berlapis tembaga

Pagar rumah berbahan dasar besi memang menjadi pilihan favorit karena kuat dan tahan panas. Jika Anda ingin pagar besi Anda terlihat lebih elegan dan unik, Anda bisa melapisinya dengan tembaga. Model pagar semacam ini sangat cocok untuk konsep rumah rustic atau vintage.

Bahan kayu dan besi

Pagar rumah tidak hanya terbuat dari bahan besi saja maupun kayu saja. Anda bisa memadukan kedua bahan ini untuk mendapatkan tampilan yang lebih unik dan cantik. Jenis pagar kayu dan besi sangat cocok untuk rumah minimalis hingga modern.

Corten Steel

Jenis bahan yang juga bisa Anda gunakan untuk pagar rumah adalah corten steel. Material ini memiliki tekstur seperti karat tetapi tahan terhadap korosi dan perubahan cuaca. Tekstur yang dimiliki oleh material ini bertujuan agar Anda tidak perlu mengecatnya lagi sehingga biaya lebih hemat.

Fungsi Pagar Rumah

Pagar rumah tentu memberikan tampilan visual yang lebih menarik untuk eksterior sebuah hunian. Selain itu, masih banyak fungsi atau kegunaan jika Anda memasang pagar rumah, di antaranya adalah:

Keamanan rumah lebih terjamin

Adanya pagar rumah bisa membuat rumah Anda lebih aman dan terlindungi dari segala bentuk kejahatan yang bisa menghampiri. Pagar yang dibuat bisa tinggi maupun rendah sesuai dengan lingkungan tempat tinggal Anda.

Sebagai batas tanah antar tetangga dan fasilitas umum

Pagar juga memiliki fungsi sebagai batas kepemilikan tanah antara Anda dan tetangga serta fasilitas umum seperti trotoar, got, dan jalan raya. Batasan tanah yang jelas akan menghindarkan Anda dari sengketa tanah yang bisa saja terjadi di kemudian hari. .

Sebagai penghalang lalu lintas

Pagar rumah yang dibuat tinggi dimaksudkan agar orang lain atau binatang tidak bisa menjangkau dan melewati rumah Anda. Pagar berfungsi sebagai penghalang lalu lintas biasanya juga digunakan untuk menutupi proyek pemerintah sehingga arah lalu lintas tetap satu jalur.

Sebagai penghalang pandangan dari luar hunian

Segala macam aktivitas yang ada di dalam rumah akan terasa nyaman tanpa adanya pengawasan dari luar. Hal inilah yang membuat pagar rumah sangat berfungsi sebagai penghalang pandangan.

Tempat menaruh tanaman

Rumah yang berkonsep dengan dilengkapi pagar depan, akan lebih terlihat indah jika Anda menambahkan tanaman. Pagar rumah juga bisa difungsikan untuk menggantungkan pot-pot bunga ukuran kecil sehingga suasana di luar rumah lebih menyegarkan.

Tempat lampu hias taman

Pagar rumah depan bisa juga difungsikan untuk tempat penempelan lampu hias taman. Adanya lampu hias ini akan membuat pagar rumah Anda lebih estetik dan unik. Pilihlah model lampu sesuai jenis bahan pagar rumah Anda, sehingga tampilan visual lebih selaras.

Cara Memilih Pagar Rumah Berkualitas

Tampilan eksterior rumah akan semakin menarik dengan kehadiran pagar depan yang disesuaikan konsep rumah. setelah Anda mengetahui jenis dan fungsi pagar rumah, ada beberapa tips agar Anda mendapatkan pagar rumah yang berkualitas bagus dan tepat guna, di antaranya:

Desain pagar sesuai konsep desain rumah

Desain rumah terdiri dari berbagai macam jenis mulai dari bergaya modern, vintage, klasik, mediterania, country, industrial, victoria, bohemian, minimalis dan sebagainya. Setelah Anda memilih konsep rumah, barulah Anda memilih pagar sesuai konsep tersebut baik jenis bahan dan modelnya.

Tinggi pagar sesuai tinggi rumah

Ukuran tinggi pagar setiap rumah harus disesuaikan dengan tinggi dan luas rumah Anda. jika ukuran rumah Anda termasuk mungil dan minimalis, maka jangan membuat ukuran pagar yang terlalu tinggi. Pada umumnya, pagar untuk rumah mungil dan minimalis memiliki tinggi 1.5 meter.

Apabila rumah Anda termasuk besar dan luas, maka sebaiknya menggunakan tinggi pagar hingga 2 meter bahkan lebih. Hal ini merupakan bentuk keselarasan dan proporsionalitas ukuran rumah dengan pagar.

Sesuaikan dengan material pagar yang digunakan

Anda harus memperhatikan jenis bahan apa yang digunakan untuk pagar rumah. Pada umumnya, besi merupakan material yang paling banyak dipilih karena lebih kuat dan tahan karat. Jika Anda menginginkan pagar yang lebih variatif, maka gunakanlah perpaduan antara 2 material.

Pilih jenis pagar sesuai selera Anda

Jenis pagar yang dijual sudah sangat beragam, sehingga Anda bisa bebas memilih model yang diinginkan. Namun, Anda juga bisa memesan pagar sesuai dengan seleran dan konsep rumah. untuk mendapatkan ide desain pagar yang unik, Anda bisa mencari referensi di internet dan majalah.

Pemilihan cat yang tepat

Tampilan pagar rumah akan semakin indah jika Anda memilih warna cat yang tepat. Warna pagar rumah bisa disesuaikan dengan warna dinding luar sehingga bisa lebih selaras dan menyatu. Jika Anda memilih jenis bahan kayu, Anda bisa memilih warna yang lebih gelap atau lebih terang.

Survei harga dan sesuaikan dengan kemampuan finansial

Harga pagar rumah disesuaikan dengan jenis bahan pagar tersebut. anda bisa mendapatkan pagar yang berkualitas dengan survei harga dari beberapa toko yang ada. Hal ini dilakukan agar tetap mendapatkan kualitas yang baik tetapi sesuai dengan budget yang dimiliki.

Harga Pagar Rumah

Harga untuk pagar rumah disesuaikan dengan jenis bahan atau material yang digunakan. Harga pagar rumah dari toko satu dengan toko yang lain biasanya berbeda tetapi tidak terlalu jauh. Berikut ini referensi harga untuk pagar rumah secara umum di tahun 2020:

Pagar besi

Jenis besiHargaSpesifikasi
A. Besi HollowRp 355.000/m²Besi hollow hitam uk. 40x40Jari-jari besi uk 20×40
B. Besi Hollow galvanis anti karatRp 410.000/m²Besi hollow galvanis anti karat uk. 40x40Jari-jari besi 20×40
C. Besi Hollow HitamRp 455.000/m²Besi hollow galvanis anti karat uk. 40x60Jari-jari besi 20×40
D. Besi Hollow galvanis anti karatRp 510.000/m²Besi hollow galvanis anti karat uk. 40x60Jari-jari besi 20×40

Pagar kayu

Jenis kayuHargaSpesifikasi
Kayu JatiRp 750.000/m²Tinggi 150 cmLebar 14 cmTebal 2 cmKondisi baruJati Belanda
Kayu JatiRp 1.000.000/m²Tinggi 200 cmLebar 16 cmTebal 3 cmKondisi baruJati Belanda
Kayu UlinRp 140.000/m²Tinggi 150 cmLebar 10 cmTebal 2 cmKondisi baruUlin Sulawesi
Kayu UlinRp 200.000/m²Tinggi 150 cmLebar 10 cmTebal 2 cmKondisi baruUlin Kalimantan
Kayu UlinRp 200.000/m²Tinggi 200 cmLebar 10 cmTebal 2 cmKondisi baruUlin Sulawesi
Kayu UlinRp 250.000/m²Tinggi 200 cmLebar 10 cmTebal 2 cmKondisi baruUlin Kalimantan
Kayu MerbauRp 150.000/m²Tinggi 150 cmLebar 15 cmTebal 3 cmKondisi baruMerbau Papua/ Irian
Kayu MerbauRp 100.000/m²Tinggi 150 cmLebar 15 cmTebal 3 cmKondisi baruMerbau Kalimantan
Kayu MerbauRp 200.000/m²Tinggi 200 cmLebar 15 cmTebal 3 cmKondisi baruMerbau Papua/ Irian
Kayu MerbauRp 150.000/m²Tinggi 200 cmLebar 15 cmTebal 3 cmKondisi baruMerbau Kalimantan

Pagar baja ringan

Jenis baja ringanHargaSpesifikasi
Jenis ARp 200.000/m²Tinggi 150 cmKondisi baru
Jenis BRp 300.000/m²Tinggi 200 cmKondisi baru

Pagar corten steel

Jenis corten steelHargaSpesifikasi
Corten Steel ARp 1.500.000/m²Tinggi 150 cmUntuk 50-499 m²Kondisi baru
Corten Steel BRp 1.000.000/m²Tinggi 150 cmUntuk 500-5000 m²Kondisi baru
Corten Steel CRp 800.000/m²Tinggi 150 cmUntuk >5000 m²Kondisi baru

Pagar wire mesh

Jenis wire meshHargaSpesifikasi
Wire mesh M5Rp 350.000/lembarUkuran 2.1x 5.4 mTebal 4.5 mmKondisi baru
Wire mesh M6Rp 4800.000/lembarUkuran 2.1x 5.4 mTebal 5.5 mmKondisi baru
Wire mesh M7Rp 510.000/lembarUkuran 2.1x 5.4 mTebal 6.3 mmKondisi baru
Wire mesh M8 fullRp 680.000/lembarUkuran 2.1x 5.4 mTebal 7.5 mmKondisi baru
Wire mesh M10Rp 880.000/lembarUkuran 2.1x 5.4 mTebal 9 mmKondisi baru
Wire mesh M10 fullRp 910.000/lembarUkuran 2.1x 5.4 mTebal 9.4 mmKondisi baru

Demikian informasi tentang harga pagar yang bisa infoharga sampaikan. Dapatkan informasi seputar harga lainnya hanya di infoharga.id ya

Klik 2x Selengkapnya

Marisa Ariesti

Hi! Panggil saja Marisa, Seorang Content Writer Expert yang membahas seputar harga di Infoharga.id Semoga Bermanfaat ya untuk diri saya sendiri dan semuanya . Aamiin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button