Harga Semen Merah Putih

Harga Semen Merah Putih – Semen merupakan salah satu bahan yang penting digunakan saat membuat suatu bangunan. Pemilihan dari semen tentu saja akan berpengaruh terhadap kualitas dari hasil bangunan yang dibuat. Salah satu standar pemilihan yang digunakan adalah Standar Nasional Indonesia (SNI).

Di Indonesia semen banyak dijual dengan berbagai macam merek dagang, seperti Semen Merah Putih, Semen Gresik, Semen Tiga Roda, Semen Cibinong, dan Semen Holcim. Berbagai merek semen tersebut pun menjual beberapa jenis semen.

Dalam pembahasan kali ini, Anda akan mendapatkan harga dari berbagai macam semen, mulai dari harga semen merah putih sampai harga semen dengan merek dagang yang lainnya yang dapat Anda gunakan sebagai acuan dalam membeli semen.

Jenis-Jenis Semen

Harga Semen Merah Putih

Walaupun banyak orang yang beranggapan bahwa semua semen adalah sama dan semen tidak terbagi menjadi beberapa jenis, ternyata semen terbagi menjadi beberapa jenis. Semen ini dipisahkan berdasarkan karakteristik dan juga fungsinya masing-masing. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Semen Putih

Semen putih atau white Portland cement yang memang memiliki warna putih seperti namanya ini biasanya digunakan untuk lapisan pada keramik juga pada  dekorasi interior dan eksterior bangunan.

Semen Portland

Semen jenis ini merupakan jenis yang banyak ditemukan di pasaran, dengan tekstur yang bubuk dan warna abu-abu. Semen jenis Portland digunakan pada kebutuhan umum seperti pembangunan rumah huni dan juga bangunan tingkat tinggi.

Semen Campur

Semen jenis ini seperti namanya merupakan campuran dari semen dan juga bahan aditif atau bahan tambahan yang bertujuan untuk memperbaiki mutu atau kualitas yang dimiliki oleh semen tersebut.

Jenis-Jenis Semen Putih

Semen putih biasa disebut dengan semen mortar atau semen acian putih ini adalah jenis semen yang memiliki tingkat daya rekat yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis semen lainnya sehingga kemudian dapat menghasilkan permukaan yang lebih halus.

Jenis-Jenis Semen Portland

Semen Portland dibedakan menjadi 5 jenis berdasarkan dengan ketahanannya terhadap asam sulfat dan juga kegunaannya. Adapun Jenis-Jenis dari  semen Portland sendiri di antaranya adalah:

Semen Portland Tipe I

Ordinary Portland cement atau semen Portland tipe I ini merupakan jenis semen Portland yang banyak dijual di pasaran karena kegunaannya sebagai bahan bangunan pada konstruksi rumah huni, gedung, dan juga pada pembangunan jalan raya.

Semen Portland jenis ini sering digunakan pada konstruksi atau pembangunan yang tidak membutuhkan persyaratan tertentu dan cocok untuk digunakan pada bangunan yang dibuat pada lokasi yang air, tanah, dan juga hidrasinya memiliki kandungan asam sulfat yang rendah.

Semen Portland Tipe II

Semen Portland tipe II atau moderate sulfat resistance ini sering digunakan sebagai salah satu bahan baku bangunan yang memiliki tingkat daya tahan sedang terhadap kandungan asam sulfat dan hidrasinya.

Biasanya tipe semen ini digunakan pada pembangunan yang dilakukan pada daerah dengan proses hidrasi rendah seperti bendungan, saluran irigasi, dan juga di pinggir laut.

Semen Portland Tipe III

High early cement atau biasa disebut juga semen Portland tipe III memiliki tingkat daya tahan terhadap asam sulfat yang tinggi, sehingga memenuhi syarat dari konstruksi bangunan yang memerlukan persyaratan khusus.

Selain daya tahan terhadap asam sulfat yang tinggi, jenis ini pun memiliki daya tekan awal yang juga tinggi. Umumnya, jenis semen Portland ini digunakan pada pembangunan jalan beton, dan pada jalan raya bebas hambatan.

Semen Portland Tipe IV

Semen jenis ini dikhususkan penggunaannya pada konstruksi bangunan yang memerlukan panas hidrasi rendah. Penggunaan low heat of hydration cement ini pada fase pengerasan diminimalkan agar mengurangi risiko keretakan.

Semen Portland Tipe V

Dari jenis semen Portland yang lain, sulfat resistance cement atau semen Portland tipe V ini memiliki tingkat daya tahan terhadap asam sulfat yang paling tinggi. Biasanya tipe ini digunakan pada konstruksi bangunan di daerah pantai, kawasan tambang, dan juga daerah rawa.

Bangunan yang dibuat menggunakan semen jenis ini adalah pelabuhan, bendungan, dan konstruksi di dalam air.

Baca juga : Harga Semen Portland

Jenis-Jenis Semen Campur

Semen Portland atau semen putih murni memiliki kekurangan jika digunakan pada konstruksi bangunan yang khusus. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, semen campur biasanya merupakan campuran dari semen dan zat atau senyawa aditif.

Adapun jenis semen campur di antaranya adalah:

Super Mansory Cement

Pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat, semen tipe ini banyak digunakan pada pembangunan genteng beton, paving block, hollow brick, dan juga tegel.

Special Blended Cement

Semen jenis Special blended cement yang disingkat SBC ini dibuat dan dirancang secara khusus untuk digunakan pada pembangunan Jembatan Suramadu, atau jembatan yang menghubungkan antara Surabaya dan Madura.

Portland Composite Cement

Jenis semen ini merupakan campuran antara semen Portland dan juga zat anorganik yang digunakan sebagai bahan pada konstruksi beton umum, beton pra cetak, beton pra tekan, plesteran dan acian, paving block, dan lain – lain.

Super Portland Pozzolan Composite Cement

Super Portland pozzolan composite cement atau PPC ini digunakan pada konstruksi yang berlokasi di tepi pantai, saluran irigasi, dan beton massa yang memiliki tingkat daya tahan terhadap asam sulfat yang tinggi.

Semen PPC ini terbuat dari campuran gypsum, pozzolan, dan juga terak dan sering digunakan sebagai pengikat hidrolis seperti Portland composite cement atau PCC.

Harga Semen Merah Putih (Portland Composite Cement)

Semen biasanya dijual dalam satuan sak dengan isi 40 dan 50 kg. harga semen beragam tergantung dengan merek, kualitas, dan juga jenisnya. Berikut adalah daftar harga semen.

Jenis SemenMerek DagangUkuran (kg)Kisaran Harga
Portland Composite Cement (PPC)Semen Merah Putih40Rp 50.000 – Rp 66.000
Portland Composite Cement (PPC)Semen Merah Putih50Rp 60.000 – Rp 75.000
Portland Composite Cement (PPC)Semen Gresik40Rp 54.000 – Rp 60.000
Portland Composite Cement (PPC)Semen Gresik50Rp 69.000 – Rp 72.000
Portland Composite Cement (PPC)Semen Tiga Roda40Rp 56.500 – Rp 63.000
Portland Composite Cement (PPC)Semen Tiga Roda50Rp 68.000 – Rp 74.000
Portland Composite Cement (PPC)Semen Padang40Rp 49.500 – Rp 51.000
Portland Composite Cement (PPC)Semen Padang50Rp 62.000 – Rp 69.000
Portland Composite Cement (PPC)Semen Holcim40Rp 55.000 – Rp 62.000
Portland Composite Cement (PPC)Semen Holcim50Rp 65.000 – Rp 70.000
Semen InstanMortar Utama (MU – 100) plester premium40Rp 57.500 – Rp 62.000
Semen InstanMortar Utama (MU – 200) acian beton dan plester40Rp 156.000 – Rp 167.000
Semen InstanMortar Utama (MU – 300) perekat bata40Rp 49.500 – Rp 53.000
Semen InstanMortar Utama (MU – 301) perekat bata dan plesteran50Rp 58.000 – Rp 62.000
Semen InstanMortar Utama (MU – 380) perekat bata ringan40Rp 121.000 – Rp 127.000

Sekian informasi tentang Harga Semen Merah Putih. Semoga Bermanfaat~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Harga Semen Warna
Selengkapnya!

Harga Semen Warna

Perkembangan dunia material bangunan semakin pesat, seiring dengan kesadaran masyarakat akan dunia arsitektur serta interior rumah. Maka banyak…
Harga Semen Padang di Medan
Selengkapnya!

Harga Semen Padang

Saat Anda membangun sebuah rumah tentunya membutuhkan banyak material bangunan, salah satunya adalah semen. Ada berbagai macam merek…