Harga Semen Portand

Harga Semen Portland – Semen merupakan salah satu dari berbagai bahan baku yang digunakan untuk membuat bangunan. Keberadaan semen sangat penting dalam pembangunan karena sangat menentukan kepadatan dan juga kekokohan dari fondasi bangunan tersebut.

Mungkin anda mengira bahwa semua semen sama saja. Namun ternyata semen memiliki berbagai jenis, salah satunya adalah semen berwarna abu-abu atau semen Portland. Lebih lanjut, semen Portland pun memiliki berbagai jenis.

Pada pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai semen Portland mulai dari berbagai macam jenis semen Portland hingga harga semen Portland.

Pengenalan Semen Portland

Harga Semen Portland

Semen ini memiliki ciri yaitu warna abu kebiruan, dibuat dari batu gamping atau batu kapur pada proses dengan suhu tinggi. Semen Portland biasanya digunakan dalam kebutuhan yang umum seperti pembangunan rumah dan bangunan. Tekstur dari semen ini adalah serbuk yang halus.

Semen Portland dapat dibuat dengan proses basah maupun proses kering. Perbedaan di antara kedua proses tersebut adalah pada penggunaan air. Pada proses yang basah, air ditambahkan saat proses penggilingan bahan mentah dilakukan.

Hal ini kemudian membuat hasil semen yang didapatkan akan berupa lumpur dengan kadar atau persentase air sebanyak 30 hingga 36%. Sedangkan pada proses kering tidak ada penambahan air pada semua proses.

Sehingga kemudian hasil semen yang didapatkan memiliki kandungan atau kadar air yang kecil, yaitu kurang dari 1% yang berupa bubuk.

Bahan baku yang dibutuhkan pada semen Portland adalah silikon oksida (SiO2), Aluminium oksida, (Al2O3), kalsium oksida (CaO), dan juga oksida besi (Fe2O3) Selain batu kapur yang megandung 50% senyawa kalsium oksida, semen Portland ini terbuat dari beberapa kandungan lainnya yaitu:

  1. Batu Silika

Batu silika ini mengandung aluminium oksida (Al2O3), besi oksida (Fe2O3), dan juga silikon oksida (SiO2) dengan kandungan masing – masing komponen 17%, 7%, dan juga 65%.

  1. Tanah Merah

Tanah merah digunakan pada pembuatan semen portland sebagai sumber aluminium oksida yang sebesar 29% dan juga oksida besi dengan kadar 10%.

  1. Pasir Besi

Pasir besi digunakan dalam pembuatan semen Portland sebagai pemberi warna hitam dan juga sebagai flux pada saat proses pembakaran.

  1. Gypsum

Gypsum yang digunakan dalam pembuatan semen Portland ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kualitas dan juga memperbaiki sifat dari semen yang dihasilkan.

Sifat Semen Portland

Untuk dapat membedakan semen Portland dengan jenis semen yang lainnya, dan juga sebagai acuan untuk dapat memilih jenis semen yang dibutuhkan dalam proses pembuatan bangunan, berikut adalah sifat-sifat yang dimiliki oleh semen Portland:

  1. Seperti jenis semen pada umumnya, semen Portland akan mengeras jika ditambahkan atau dicampurkan dengan air
  2. Setelah dicampur dengan air, semen akan memiliki tekstur yang plastis untuk sementara sebelum kemudian menjadi kaku dank eras
  3. Saat semen sudah berubah bentuk menjadi padat, ssemen tersebut tidak akan larut di dalam air
  4. Semen Portland dapat menyebabkan luka bakar pada kulit karena memiliki sifat kaustik
  5. Semen Portland dapat digunakan sebagai perekat untuk benda padat misalnya seperti batu bata
  6. Bubuk semen Portland dapat menyebabkan iritasi paru – paru yang dapat berujung kepada kanker paru-paru.

Baca juga : Harga Semen Hebel

Jenis-jenis Semen Portland

Semen Portland dibagi menjadi 5 jenis berdasarkan dengan penggunaannya. Jenis – jenis  semen Portland tersebut di antaranya adalah:

Semen Portland Tipe I (Ordinary Portland Cement)

Jika anda membeli semen berwarna abu –abu atau semen Portland di pasaran, jenis yang akan anda temukan adalah semen Portland tipe I ini. Semen jenis ini sering kali digunakan dalam membuat bangunan yang tidak memerlukan persyaratan terkait hidrasi dan kekuatan tekan. Jenis semen Portland ini merupakan jenis yang paling laris di pasaran.

Semen Portland tipe I ini biasanya digunakan untuk bangunan rumah pemukiman, jalan raya, juga gedung bertingkat. Semen jenis ini baik digunakan pada lokasi yang memiliki tanah dengan kadar sulfat yang rendah dan juga jauh dari pantai.

Semen Portland Tipe II (Moderate Sulfate Resistance)

Kondisi dan juga letak geografis mempengaruhi kadar dari asam sulfat yang terkandung di dalam tanah, air dan juga tingkat hidrasi. Hal tersebut juga kemudian yang menjadi parameter pemilihan dari jenis semen yang dapat digunakan.

Berbeda dengan semen Portland tipe I, semen Portland tipe II ini umumnya digunakan pada bagunan yang terletak pada pinggir laut, saluran irigasi, dermaga, tanah rawa, dan juga bendungan.

Semen Portland Tipe III (High Early Strength)

Jika penggunaan semen Portland tipe I dan II tidak memenuhi peryaratan tertentu atau khusus untuk konstruksi, jenis semen Portland tipe III ini memenuhi persyaratan tersebut. Persyaratan yang dimaksud antara lain adalah daya tekan awal yang tinggi.

Biasanya, semen Portland tipe III digunakan sebagai bahan bangunan untuk membuat bangunan tinggi, jalan raya bebas hambatan, jalan beton, bangunan dalam air (dengan kadar asam sulfat yang rendah), dan bahkan bandar udara.

Semen Portland Tipe IV (Low Heat of Hydration)

Jenis semen Portland ini biasanya digunakan dalam pembangunan lapangan udara karena merupakan jenis semen yang membutuhkan panas hidrasi yang relative rendah pada penggunaannya.

Hal tersebutlah yang kemudian menyebabkan penggunaan semen Portland tipe IV ini diminimalkan pada proses pengerasan dengan tujuan agar tidak terjadinya keretakan.

Semen Portland Tipe V (Sulfat Resistance Cement)

Jenis semen Portland ini sering digunakan sebagai bahan baku bangunan dengan kebutuhan daya tahan terhadap asam sulfat yang tinggi yaitu lebih dari 0,20%. Biasanya wilayah dengan kadar asam sulfat yang tinggi terletak di rawa, kawasan tambang, dan juga pantai.

Selain itu, semen Portland tipe V sering juga digunakan untuk bahan baku pelabuhan, konstruksi bangungan dalam air, bendungan, dan juga bahkan pada pembangkit tenaga nuklir.

Harga Semen Portland Per Kg

Semen Portland ini dijual oleh berbagai perusahaan dengan berbagai merek dagang, di antaranya yaitu Semen Gresik, Semen Holcim, Semen Padang, dan juga Semen Tiga Roda. Dibanding dengan harga semen portland per kg, biasanya semen Portland dijual dengan satuan sak (dengan isi 40 atau 50 kg).

Perlu anda ketahui bahwa harga semen beragam tergantung dengan merek, ukuran, dan juga lokasi anda membelinya. Berikut adalah kisaran harga dari semen Portland yang dijual dengan beberapa merek dagang dengan berbagai ukuran yang dapat anda gunakan sebagai acuan

Merek Dagang Semen PortlandUkuran (Kg)Kisaran Harga (Rp)
Semen Gresik4055.000 – 62.000
Semen Gresik5068.000 – 74.000
Semen Padang4048.000 – 52.000
Semen Padang5060.000 – 68.000
Semen Holcim4054.000 – 60.000
Semen Holcim5064.000 – 69.000
Semen Tiga Roda4057.000 – 64.000
Semen Tiga Roda5069.000 – 75.000

Demikian info tentang Harga Semen Hebel Terbaru dengan berbagai macam ukuran dan tipe di Indonesia. Semoga Bermanfaat~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Harga Semen Mu
Selengkapnya!

Harga Semen MU

Harga semen MU cenderung lebih mahal dibandingkan semen jenis lainnya. Hal ini karena semen MU atau lebih dikenal…